MotoGP

Marc Marquez Belum Siap Bertarung untuk Juara Dunia 2022

Andrew FrancoisAndrew Francois - Sabtu, 14 Mei 2022
Marc Marquez Belum Siap Bertarung untuk Juara Dunia 2022
Marc Marquez belum siap bertarung untuk gelar juara dunia 2022. (Foto: MotoGP)

JUARA dunia delapan kali Marc Marquez menegaskan dirinya tidak dalam kondisi memungkinkan untuk pertarungan gelar juara dunia MotoGP 2022, terutama setelah melihat performanya selama tiga balapan terakhir. Dirinya mengatakan hanya ingin fokus dalam menyelesaikan masalah yang tengah dihadapi.

Sejatinya kehadiran Marc Marquez pada musim 2022 ini terutama dengan RC213V 2022 yang baru dan tampil begitu berbeda dari motor tahun sebelumnya menciptakan harapan positif dari para penggemar agar Marquez dapat kembali bersaing untuk perebutan gelar juara dunia musim ini.

Terutama setelah melihat kondisi fisik Marquez yang perlahan sudah terus mengalami peningkatan dan diprediksi dapat kembali kompetitif. Namun nyatanya motor baru Honda tersebut tidak memiliki karakter yang sesuai dengan keinginan sang pembalap berkebangsaan Spanyol tersebut.

Baca juga:

Benarkah Karier Marc Marquez Berada di Ujung Tanduk?

Motor Honra RC213V 2022 tak sesuai dengan karakter Marc Marquez. (Foto: MotoGP)

Pembalap yang dijuluki 'The Baby Alien' tersebut malah kesulitan tampil kompetitif baik di sesi latihan bebas maupun di sesi kualifikasi. Dirinya belum bisa mendorong motor untuk melampaui batas seperti yang biasa dilakukannya sehingga kesulitan bertarung di barisan terdepan.

Hal yang sama juga terjadi pada akhir pekan di GP Prancis kala dirinya sangat kesulitan untuk masuk ke urutan sepuluh besar dalam sesi latihan bebas. Marquez hanya mampu finis di posisi ke-13 pada sesi latihan bebas pertama dan ke-14 pada sesi latihan bebas kedua.

Dirinya baru berhasil lolos ke grup lima besar pada sesi latihan bebas ketiga dengan finis di posisi keempat. Namun raihan tersebut juga berkat bantuan dari sang pemimpin klasemen Fabio Quartararo yang membiarkan sang juara dunia delapan kali mengekorinya untuk mendapatkan referensi putaran optimal.

"Sebelum musim dimulai, kamu bekerja untuk mendapatkan gelar, kemudian ketika balapan dimulai para rival menempatkan kamu di mana kamu berada dan apa yang dapat kamu tuju," ungkap Marquez mengutip Motorsport.

Baca juga:

Gegar Otak, Marc Marquez Batal Ikut Balapan di MotoGP Mandalika

Marquez masih sesi latihan bebas GP Prancis. (Foto: MotoGP)

Menurutnya setelah beberapa seri pertama MotoGP dirinya harus mulai memahami posisinya dalam kejuaraan dan apa yang mungkin diraih dengan performanya saat ini. Kendati demikian Marquez akan terus berusaha untuk memetik hasil positif.

"Saya mengalami cedera mata dan dalam tiga balapan terakhir di Austin, Portimao, dan Jerez, saya telah melihat bahwa kami belum siap bertarung untuk gelar juara dunia," katanya.

Marquez ingin menetapkan tujuan yang realistis untuk memiliki motivasi kecil agar terus maju dan berkembang demi memperoleh hasil yang positif. Saat ini Marquez telah lolos ke tahap kualifikasi dua dan akan bertarung untuk mendapatkan posisi start yang bagus menjelang balapan pada Minggu (15/5). (waf)

Baca juga:

Mengenal Istilah Highside, Kejadian Penyebab Kecelakaan Marc Marquez

#Olahraga
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan