Marandang, Tradisi Masyarakat Sumbar Jelang Ramadhan

Zulfikar SyZulfikar Sy - Minggu, 05 Juni 2016
Marandang, Tradisi Masyarakat Sumbar Jelang Ramadhan
Ilustrasi Prosesi Marandang di Sumatera Barat

Merahputih Budaya- Rendang sangat identik dengan Sumatera Barat, semua orang tahu bahwa menu lezat ini berasal dari provinsi yang disebut juga Ranah Minang.

Hampir setiap saat orang Sumbar dapat membuat dan menikmati Rendang. Maklum, menu lezat ini sudah sangat lazim di sana. Namun, perlu diketahui ada saat-saat dimana masyarakat Minang wajib membuat dan menyajikan Rendang. Salah satu waktu yang wajib untuk menyajikan Rendang adalah menjelang Ramadhan.

Disejumlah Kabupaten di Sumatera Barat, Marandang atau membuat Rendang menjadi salah satu tradisi wajib dilakukan dalam setiap menyambut puasa Ramadhan.

Di Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat contohnya. Warga akan beramai-ramai melakukan tradisi Marandang atau memasak Rendang jelang Ramadhan.

Menurut penuturan masyarakat Pesisir Selatan, tradisi Marandang dilakukan untuk menu saat sahur dan berbuka pertama pada bulan Ramadhan. Selain itu, Marandang juga dijadikan menu syukuran saat menjalin silaturahmi dengan masyarakat sekitar saat menjelang puasa.

Meskipun tradisi ini sering dimanfaatkan oleh pedagang daging untuk menaikan harga, tetap saja permintaan untuk membeli daging sapi sebagai bahan baku Marandang tinggi. Bahkan, warga harus mengantri untuk mendapatkan daging pada saat menjelang upacara Marandang di Pesisir Selatan, Sumatera Barat ini.

BACA JUGA:

  1. Pawai Obor, Tradisi Masyarakat Tangerang Sambut Ramadhan
  2. Tradisi Keramas Pakai Sekam Masyarakat Betawi Hampir Punah
  3. Balimau Kasai, Upacara Tradisional Menyambut Ramadhan di Kampar Riau
  4. Asal-Usul Tradisi Meugang Masyarakat Aceh
  5. Meugang, Tradisi Wajib Warga Aceh Jelang Ramadhan
#Marandang #Tradisi Ramadan #Budaya Nusantara
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan