Marak Begal Sepeda, Wagub Minta Warga Galakkan Kembali Siskamling

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 27 Oktober 2020
Marak Begal Sepeda, Wagub Minta Warga Galakkan Kembali Siskamling
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (Foto: MP/Asropih)

MerahPutih.com - Pemprov DKI Jakarta mengklaim sudah berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya dalam menjaga keamanan antisipasi maraknya begal sepeda di wilayah ibu kota.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengaku, dirinya sudah mengetahui dari masyarakat mengenai aksi kriminal yang menyasar pesepeda.

"Kami sudah koordinasi dengan aparat keamanan, aparat hukum, dengan Pak Kapolda dan lain sebagainya untuk sama-sama kita segera atasi," tutur Riza di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (27/10).

Baca Juga:

Kapolda Metro Angkat Suara saat Jakarta Jadi Marak Begal Sepeda

Riza pun berpesan kepada pesepeda untuk selalu berhati-hati dan menghindari wilayah yang sepi karena rawan dengan tindakan kriminal.

Politikus Gerindra ini pun mengimbau kepada warga DKI untuk kembali menggalakkan sistem keamanan lingkungan (siskamling) guna menjaga keamanan wilayah. Hal ini diyakini dapat menekan tindakan kriminal karena adanya keamanan warga.

"Jadi tentu dari masyarakat, tentu kita harus hati-hati, harus terus mengalakan kerja sama yang baik supaya peduli pada keamanan. Mungkin kita akan galakkan kembali, giatkan kembali siskamling atau apa pun bentuknya," tuturnya.

Ilustrasi. Pesepeda melintasi jalur sepeda di Jalan MH. Thamrin, Jakarta, Minggu (19/7/2020). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.)
Ilustrasi. Pesepeda melintasi jalur sepeda di Jalan MH. Thamrin, Jakarta, Minggu (19/7/2020). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.)

Dengan begitu, menurut dia, partisipasi masyarakat bersama dengan pemerintah bisa memastikan Jakarta menjadi aman.

"Itu butuh dukungan dari masyarakat dan tentu yang tidak kalah penting adalah kehadiran aparat untuk dapat memastikan Jakarta ini aman. Aparat memastikan ditegakkannya aturan disiplin penertiban dan diberi sanksi siapa pun yang bersalah," tutupnya.

Seperti diketahui, Kolonel (Mar) Pangestu Widiatmoko menjadi korban begal sepeda saat bersepeda alias gowes di kawasan Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, pada Senin (26/10) kemarin, sekitar pukul 06.45 WIB.

Pelaku yang hingga kini sedang diburu oleh jajaran kepolisian berhasil menggasak tas milik Kolonel Pangestu. Di dalam tas tersebut terdapat handphone milik Kolonel Pangestu.

Baca Juga:

Anies Diminta Gandeng Polisi Amankan Begal Sepeda di Jakarta

Kolonel Pangestu mengalami luka robek di pelipis kiri dan memar di bagian kepala belakang usai terjatuh saat berusaha melawan begal tersebut.

Pangestu saat ini masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Mintohardjo Jakarta.

Sebelumnya, aktor senior Anjasmara juga menjadi korban begal sepeda di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan ketika sedang gowes.

Akibat kejadian itu Anjasmara terluka, bahkan harus mengenakan penyangga leher. Meskipun tidak ada barangnya yang hilang.

Artis peran itu sempat melawan dengan memukul salah seorang pelaku. Namun Anjas jatuh dari sepeda dan terseret sejauh 3 meter. (Asp)

Baca Juga:

Polisi Selidiki Penjambretan terhadap Pesepeda di Kawasan Medan Merdeka Barat

#Ahmad Riza Patria #Sepeda
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan