Manut Arahan DPP, Lagi-lagi Pengumuman Jagoan PDIP Calon Pengganti Risma Molor

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Rabu, 19 Agustus 2020
Manut Arahan DPP, Lagi-lagi Pengumuman Jagoan PDIP Calon Pengganti Risma Molor
Kota Surabaya. (Foto: andiktaufiq.wordpress)

MerahPutih.com - PDIP kembali menunda pengumuman pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya dari yang semulanya dijadwalkan hari ini 19 Agustus 2020 menjadi 24 Agustus 2020.

“Benar, pengumuman ditunda karena kami ikut arahan dari DPP," kata Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim Deni Wicaksono ketika dikonfirmasi di Surabaya, Rabu (19/8).

Baca Juga:

Putra Dahlan Iskan Dicalonkan di Pilkada Surabaya

Penundaan pengumuman jagoan PDIP untuk diusung menggantikan Wali Kota Surabaya Tris Rismahari, yang juga kader partai banteng itu merupakan yang kesekian kalinya. Pekan lalu 11 Agustus, DPP PDIP juga batal mengumumkan calon yang bakal diusung untuk Pilkada Surabaya ketika merilis daftar 75 pasangan duet Pilkada Serentak 2020.

Kala itu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto lewat pidato via streaming menyatakan nama rekomendasi untuk Pilkada Surabaya bakal diumumkan di fase tahap 4 jelang batas waktu pendaftaran ke KPU. Namun, dia masih enggan menyebutkan tanggal pastinya.

hasto pdip
Sekjen PDIP saat mengumumkan penundaan nama-nama pasangan yang dalam Pilkada Surabaya 2020 pekan lalu. (Ist/PDIP)

Tak lama berselang, DPD PDIP Jatim menyatakan pengumum pilkada Jatim bakal digelar Rabu ini. Meski rencana pengumuman kembali tertunda, DPD PDIP Jatim tidak mau mempermasalahkannya. Menurut Deni, penundaan juga dilakukan karena saat ini masih ada yang harus diselesaikan agenda rekomendasi di seluruh Indonesia.

"Menurut DPP, rencananya rekomendasi tahap empat adalah pengumuman terakhir. Sehingga Surabaya dan beberapa daerah lain di Jatim juga diumumkan bersamaan," tutur anggota DPRD Jatim itu.

Baca Juga:

PDIP Kembali Batal Umumkan Duet Jagoan untuk Pilkada Surabaya, Ada Apa?

Selain Kota Surabaya, daerah lain di Jatim yang belum diumumkan oleh DPP PDIP adalah Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Jember, dan Kabupaten Pacitan. Total dari 19 kabupaten/kota di Jatim yang menggelar pilkada serentak, hingga saat ini DPP PDI Perjuangan telah mengumumkan 14 pasangan calon kepala daerah yang akan bertarung pada Pilkada 9 Desember 2020.

Pasangan calon kepala daerah yang diumumkan tahap pertama, meliputi Ony Anwar-Dwi Rianto Jatmiko (Kabupaten Ngawi), Sanusi-Didik Gatot Subroto (Kabupaten Malang), dan Achmad Fauzi-Dewi Khalifah (Kabupaten Sumenep).

Berikutnya, pada tahap kedua pengumuman adalah pasangan M Nur Arifin-Syah Natanegara (Kabupaten Trenggalek), Raharto Teno-M Hasjim Ashari (Kota Pasuruan), Hanindhito Pramono-Dewi Maria Ulfa (Kabupaten Kediri), Rijanto-Marhaenis (Kabupaten Blitar), Santoso-Tjutjuk Sunaryo (Kota Blitar), dan Pungkasiadi-Titik Masudah (Kabupaten Mojokerto).

Selanjutnya pada tahap ketiga masing-masing pasangan Setiajit-Armaya Mangkunegara (Kabupaten Tuban), Fandi Achmad Yani-Aminatun Habibah (Kabupaten Gresik), Ipuk Fiestiandani-Sugirah (Kabupaten Banyuwangi), Sugiri Sancoko-Lisdyarita (Kabupaten Ponorogo), dan Kartika Hidayati-Sa’im (Kabupaten Lamongan). (*)

Baca Juga:

PDIP Kembali Umumkan 75 Jagoan di Pilkada 2020

#Pilkada Surabaya #Pilkada 2020 #PDIP
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan