Musik

Mantra untuk Bumi dari Nova Ruth dalam Video Musik 'IMBANG'

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Minggu, 07 Februari 2021
Mantra untuk Bumi dari Nova Ruth dalam Video Musik 'IMBANG'
Nova Ruth rilis video musik 'IMBANG'. (Foto: Instagram/@novaruth)

PENYANYI, penulis lagu, sekaligus aktivis lingkungan Nova Ruth Setyaningtyas kembali merilis karya anyarnya. Video musik yang digarap sedemikian estetis dari lagu berjudul IMBANG pada 5 Februari 2021 kemarin.

“Pengerjaan video klip bersama Jovian memakan waktu 10 hari. Tujuh hari untuk memikirkan konsep dan tiga hari untuk produksi. Jovian masih melakukan proses pascaproduksi selama beberapa minggu setelahnya, untuk editing dan coloring,” ungkap Nova Ruth ketika dihubungi Merah Putih Jumat (6/2).

Baca juga:

FLEUR! 'Merona' di 2021

Berawal dari brainstorming bersama Jovian Fraaije, lagu IMBANG memiliki pesan sarat makna. Tujuannya adalah untuk melindungi apa yang telah kita injak sejak pertama kali dilahirkan, yaitu bumi pertiwi.

Berlokasi di Pronojiwo, Jawa Timur, video berdurasi 5.05 menit ini memperlihatkan keindahan alam Pronojiwo dengan begitu sempurna. Keindhaan gunung, aliran sungai hingga hutan.

Dalam video tersebut, Ruth yang memakai kain batik, menyanyikan lantunan lagu dengan sebagian lirik berbahasa Jawa. Juga menampillkan beberapa gerakan tangan atau tarian yang disebut Gayatri Mantra.

Baca juga:

Evolusi Sheryl Sheinafia Terangkum dalam Album 'Jennovine'

View this post on Instagram

A post shared by Nova Ruth (@novaruth)

Dilansir dari berbagai sumber, Gayatri Mantra adalah doa universal yang tercantum dan diabadikan dalam Weda, kitab suci paling purwakala. Beberapa sumber juga menyebutkan bahwa, Gayatri Mantra merupakan mantra inti dari segala mantra.

Pengabdian Nova Ruth pada isu lingkungan tidak hanya melalui video musik ini saja. Sebelumnya, dia berkelana bersama suaminya, Grey Filastine, untuk mengakampanyekan isu perubahan iklim dengan musik. Menggunakan kapal tua buatan Jerman yang diberi nama Arka Kinari, mereka mulai dengan membawa kapal dari Rotterdam ke Indonesia.

Sebagai musisi, Nova Ruth pernah membentuk duo yang dinamakan Twin Sista bersama sahabatnya, Indri, pada 1999. Memainkan genre hip-hop, duo tersebut mengangkat isu sosial dan lingkungan dalam setiap lirik yang ditulis.

Kemudian pada 2019 lalu, Nova Ruth merilis album solo perdananya bertajuk Napak Tilas di bawah naungan Barongsai Record. Antologi album berisi 10 lagu yang merupakan beberapa lagu baru dan gubahan dari lagu yang diciptakannya bersama proyek Filastine.

Ketika ditanya oleh Merah Putih tentang rencana di tahun ini, Nova Ruth mengatakan “Tahun ini jelasnya ada. Baik konser solo maupun dengan Filastine (proyek kapal Arka Kinari). Tapi belum bisa saya bagi jadwalnya karena masih menyesuaikan dengan pandemi. Karena inginnya ya offline,” tutupnya. (far)

Baca juga:

Mini Album 'SEE YOU SOMEDAY', Penawar Rindu Ala Rendy Pandugo

#Musik #Musik Indonesia #Musisi #Musisi Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Febrian Adi

part-time music enthusiast. full-time human.
Bagikan