Mantapnya Sop Merah Bu Asih Selalu Diburu

Eddy FloEddy Flo - Selasa, 17 Januari 2017
  Mantapnya Sop Merah Bu Asih Selalu Diburu
Warung Sop Merah Bu Asih (MP/Fredy Wansyah)

Hampir di setiap kawasan padat dan sentral wisatawan di Yogyakarta terdapat tempat kuliner ramai pengunjung. Salah satunya sop merah Bu Asih.

Sop merah Bu Asih terletak di pertigaan Jalan Kolonel Sugiono dan Sisingamangaraja. Persis berada di kawasan jokteng timur dan Museum Perjuangan. Warung yang buka sejak pukul 16.00 WIB ini selalu ramai sejak awal buka. Bahkan, pembelinya rela antre di luar.

Sup merah Bu Asih memang beda dari yang lain. Tak ayal, lapak ini pun selalu diburu pecinta sup dari berbagai daerah. Bukan cuma dari dalam Yogyakarta saja, bahkan hingga luar Pulau Jawa sering mampir ke sini.

Warung Sop Merah Bu Asih
Warung Sop Merah Bu Asih selalu diburu (MP/Fredy Wansyah)

Berbeda dengan penjual sop lainnya yang hanya menuangkan kuah panas ke mangkuk berisikan daging ataupun sayuran dan bumbu. Di sini sop merahnya dimasak satu persatu. Pembeli pun bisa menentukan sendiri tingkat kepedasan yang diinginkan.

Kuahnya tampak merah karena berupa racikan bumbunya. Bumbunya dari cabai merah, kemiri, bawang putih, dan kaldu ayam. Tersedia dua jenis sop, yakni sop merah original atau nonoriginal. Bedanya hanya pada daging ayamnya saja. Sop merah original menggunakan suwiran ayam. Sementara yang nonoriginal, suwiran ayam bisa diganti dengan ati ampela, tulang, ceker, dada ayam, paha ayam, atau sayap ayam. Semua tergantung selera pembeli.

Soal harga tak perlu khawatir. Sop merah Bu Asih dibanderol hanya Rp11.000 per porsi. Harga ini sudah sepaket dengan pilihan minumnya, seperti teh manis.(Fre)

Yogyakarta perlahan tapi pasti menjadi surga para pemburu kuliner. Sebelumnya merahputih.com pernah mengulas salah satu primadona kuliner Yogyakarta dalam artikel: Rasakan Pedasnya Oseng-oseng Mercon Bu Narti

#Sop Merah #Warung Bu Asih #Kuliner Yogyakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan