Mantap! WhatsApp Akan Support Panggilan Video 50 Orang Sekaligus WhatsApp akan tambah jumlah maksimal panggilan video (Foto: pixabay/mi83)

DI tengah pandemi virus corona baru atau COVID-19, berbagai kegiatan bisnis atau pendidikan dilakukan dari rumah, hal itu demi menaati imbauan social distancing dari pemerintah. Tujuannya untuk memutus mata rantai penyebaran virus.

Guna melakukan pekerjaan dan pendidikan dari rumah, masyarakat dunia berbondong-bondong menggunakan aplikasi video conference. Tak ayal jika sejumlah aplikasi kian berlomba-lomba memberikan fitur terbaik dan aman bagi para penggunanya.

Baca Juga:

Mark Zuckerberg Sumbang Rp11,8 Miliar untuk Restoran Favoritnya

Salah satunya WhatsApp, belum lama ini aplikasi tersebut meningkatkan kapasitas panggilan videonya menjadi delapan orang.

WhatsApp akan saingi popularitas Zoom (Foto: cyberguards)

Tapi melihat popularitas Zoom, yang menjadi layanan video konferensi paling dicari di tengah pandemi virus corona, kabarnya WhatsApp akan segera menambah kapasitas panggilan videonya menjadi 50 orang.

Seperti yang dilansir dari laman The Next Web, fitur baru itu pertama kali dilihat oleh WABetaInfo, sebuah situs yang kerap memantau kehadiran fitur baru dari WhatsApp.

Kabarnya fitur itu akan terintegrasi dengan messenger rooms, yang belum lama ini telah diperkenalkan oleh Facebook.

Baca Juga:

WHO Tengah Kembangkan Aplikasi Pelacak COVID-19

WABetaInfo pertama kalinya melihat jalan pintas untuk messenger rooms pada update WhatsApp beta untuk Android versi 2.20.139, yang saat ini masih dalam tahap pengembangan. Nantinya fitur tersebut juga kabarnya akan hadir di iOS.

Menariknya fitur tersebut tak hanya untuk aplikasi mobile saja, karena bisa juga digunakan untuk WhatsApp versi web. Dukungan web tersebut, tentunya bisa menjadikan 'senjata' baru WhatsApp untuk bersaing dengan sejumlah layanan video conference lainnya.

Tampilan Shortcut messenger room pada WhatsApp (Foto: WABetainfo)

Shortcut untuk messenger rooms pada WhatsApp Web hadir pada update untuk versi 2.2019.6. Shortcut tersebut bisa kamu akses lewat menu utama WhatsApp Web serta menu dengan ikon klip yang ada di ruang obrolan.

Bila pengguna memilih messenger rooms pada menu tersebut, muncul sebuah peringatan yang mengatakan jika pengguna diarahkan pada messenger rooms serta panggilan video yang dibuat tak memiliki enkripsi end-to-end.

Namun sayangnya fitur baru tersebut belum bisa digunakan. Dikarenakan masih dalam tahap pengembangan. Belum ada keterangan resmi kapan integrasi WhatsApp dan messenger rooms akan dihadirkan untuk iOS, Android serta web. (Ryn)

Baca Juga:

Mengintip Bocoran 'Calon' Fitur-fitur Baru yang Akan Hadir di Instagram

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH