Mantan Sudah Terlebih Dulu 'Move On', Apa yang Harus Kamu Lakukan? Apa yang harus kamu lakukan jika mantan move on duluan (Foto: pixabay/DariusSankowski)

BERPISAH merupakan sesuatu yang pasti membuat kita berduka. Meskipun hanya berupa pesan singkat berisikan "selamat pagi" atau "aku merindukanmu", tetapi segala hal menjadi berarti ketika kamu sudah tidak lagi bekesempatan menerima itu semua lagi, dan segalanya telah menjadi kenangan.

Entah kamu atau dia yang mengakhirinya, namun hal-hal kecil yang biasanya tidak kamu sadari perlahan-lahan menjadi kenangan yang sangat berarti. Kalian, atau salah satu dari kalian tetap saja akan dihantui rasa kehilangan karena kebiasaan menghabiskan waktu bersama-sama.

"Hanya waktu yang bisa menyembuhkan" menjadi peribahasa yang paling tepat untuk membantu kamu move on dari fase kehilangan paska berpisah. Namun, bagaimana jika waktu yang dibutuhkan dia untuk melupakanmu lebih singkat daripada waktu yang kamu butuhkan untuk melupakan dia?

Saat ini dia telah berbahagia, dan telah menjalin kasih dengan pasangan baru. Dia menghapus foto dan kenangan kalian berdua di media sosialnya dan telah membuang barang-barang dari kamu. Lantas bagaimana cara kamu menghadapi mantan yang sudah move on sedangkan kamu belum?

1. Jangan stalking sosial media mantanmu

Mantan Sudah Terlebih Dulu 'Move On', Apa yang Harus Kamu Lakukan?
Hindari stalking akun media sosial mantanmu. (Foto: pixabay/firmbee)

Jika kamu masih memiliki rasa terhadap dia, sebaiknya hindari stalk mantan kamu, kalau bisa hapus dia dari daftar pertemananmu di media sosial. Jangan menyiksa diri dan takut dianggap kekanak-kanakan. Jika itu bisa membuat kamu merasa lebih baik, menghapus dia dari media sosialmu bukan hal yang salah kok.

Menurut Connell Barrett, pakar percintaan asal New York City mengatakan bahwa stalking media sosial mantan kamu dapat merusak mental kamu dan juga membuat mantan kamu merasa kurang nyaman jika dia mengetahuinya.

2. Hindari kembali menghubunginya ketika tahu dia telah move on

Mantan Sudah Terlebih Dulu 'Move On', Apa yang Harus Kamu Lakukan?
Jangan meghubunginya ketika dia sudah tidak suka kamu. (Foto: pixabay/free-photos)

Mengetahui bahwa mantan pasangan kamu telah move on tentunya bisa menjadi pengalaman pahit jika kamu belum berhasil melupakan dia. Jika dia telah berhasil hidup bahagia tanpa kamu, maka hindari menghubunginya.

Barrett mengatakan, menghubunginya kembali akan membuat kamu terasa canggung. Selain menghindari komunikasi, jika terpaksa kalian harus bertemu, kurangilah sentuhan fisik seperti berpelukan atau sentuhan lainnya yang bersifat tidak personal.

3. Arti ketika mantan sudah move on

Mantan Sudah Terlebih Dulu 'Move On', Apa yang Harus Kamu Lakukan?
Jangan pertanyakan mengapa dia sudah berpisah. (Foto: pixabay/isakarakus)

Meskipun kamu melihat dia telah bersama orang lain, sesungguhnya tidak ada yang tahu apakah dia sudah benar-benar melupakanmu atau belum.

Bisa saja dia sedang menjalani rebound relationship yang menjadi salah satu caranya untuk melupakanmu. Lantas jika dia sudah move on duluan, haruskah kamu memikirkannya? Jawabannya tidak.

Kamu tidak seharusnya mempertanyakan mengapa seseorang sudah move on, atau apa artinya jika dia sudah move on. Hal itu bisa membuat keadaan semakin rumit dan dipenuhi spekulasi yang tidak jernih. (shn)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH