Mantan Rektor IPB Meninggal Dunia

Luhung SaptoLuhung Sapto - Selasa, 05 April 2016
Mantan Rektor IPB Meninggal Dunia
Mantan Rektor iPB AM Satari (Foto Ist)

MerahPutih Nasional - Mantan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Achmad Memed Satari meninggal dunia dalam usia 83 tahun. Almarhum mengembuskan nafa terakhir di di RS Fatmawati pada 4 April 2016, pukul 21.46 WIB karena sakit.

Pria kelahiran 13 Maret 1933 ini dikenal sebagai Guru Besar Ilmu Tanah. Ia meraih gelar Insinyur dari Jurusan Kehutanan UI pada 1958, kemudian dilanjutkan dengan meraih Master of Forestry dari Oregon State University pada 1961 dan PhD dalam bidang Soil Science dari Michigan State University pada 1967. Kariernya di Fakultas Pertanian IPB, dengan spesialisasi Ilmu Tanah. Prof. AM Satari tercatat sebagai rektor IPB periode 1970-1974 dan 1974-1978. 

Hal yang monumental yang dilakukan selama masa jabatannya adalah menyusun rencana pengembangan IPB untuk pertama kalinya, melaksanakan kurikulum Sarjana 4 tahun pada 1972, pendirian Sekolah Pascasarjana (1975) dan pembukaan Program Doktor (1978). Almarhum adalah Ketua Konsorsium Ilmu-ilmu Pertanian yang pertama.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof Dr Yonny Koesmaryono, MS menyatakan rasa kehilangan yang sangat mendalam atas wafatnya almarhum. "Almarhum Prof Satari adalah Guru Besar yang sangat disegani dan Rektor yang memiliki integritas dan leadership yang sangat tinggi.  Beliau adalah Bapak dan Guru  yang sangat dihormati, yang dengan bijak senantiasa mendukung dan mengayomi gerakan-gerakan mahasiswa pada waktu itu," katanya dalam keterangan tertulis. Menurut rencana, janazah almarhum akan dikebumikan di Bandung, Selasa (5/4).

BACA JUGA:

  1. Pakar Bahasa Indonesia JS Badudu Wafat
  2. Ayah Ariel NOAH Meninggal Dunia
  3. Selamat, Cucu Pertama Presiden Jokowi Telah Lahir
  4. Luhut Panjaitan: Pernikahan Gibran Fenomena Baru
  5. Rangkaian Prosesi Adat Jawa di Pernikahan Gibran Selvi

  

#Meninggal Dunia #Rektor #Kota Bogor #Institut Pertanian Bogor (IPB)
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan