Mantan Presiden Hingga Pejabat Negara Penuhi Pemakaman Habibie Paspampres) mengusung peti jenazah almarhum Presiden Ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie menuju ke liang lahat saat tiba dalam upacara pemakaman di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama, Kalibata, Jakart

Merahputih.com - Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan istri, Mufida Kalla, menghadiri pemakaman Presdien ketiga BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan. Hadir pula sejumlah pejabat tinggi negara.

Ada juga mantan Ibu Negara sekaligus istri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid, yakni Sinta Nuriyah Wahid, berjalan paling depan.

Baca Juga

KPK: Semoga Pengabdian BJ Habibie Menginspirasi Kita Semua

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga berjalan beriringan di belakang. Ia diikuti oleh Presiden kelima Megawati Soekarnoputri.

Adapula mantan Wakil Presiden Seperti Try Sutrisno, Hamzah Haz, dan Boediono. Mereka juga berjalan bersamaan. Sementara, para menteri Kabinet Kerja juga sudah memenuhi TMP Kalibata.

Pantauan Merahputih.com, hadir Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, serta Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir, dan juga Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto hadir di TMP Kalibata. Mereka duduk di dekat tempat duduk keluarga.

Hadir pula Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Ketua DPD Oesman Sapta Odang di TMP Kalibata. Selain itu, terlihat hadir para duta besar dari negara sahabat.

Presiden Jokowi di TMPN Kalibata, Jakarta Selatan pada Kamis (12/9/2019) saat upacara pemakaman kenegaraan bagi Presiden Ke-3 RI BJ Habibie. (Antara/Bayu Prasetyo)

Oesman Sapta Odang mengenang Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie sebagai sosok yang dekat dengan rakyat.

"Saya tentu terharu sekali, beliau kan seorang anak bangsa yang betul-betul dekat dengan rakyat," kata pria yang akrab disapa OSO ini.

OSO mengatakan, kedekatan Habibie dengan rakyat terlihat dari tingginya animo masyarakat untuk melayat langsung ke rumah duka.

"Dan kita semua merasa kehilangan, Anda bisa melihat bagaimana animo masyarakat sekarang ini terhadap dari sejak dia sakit sampai saat ini kita akan mengantarkan dia tempat peristirahatan terakhir," ujarnya.

Baca Juga

BJ Habibie Tutup Usia, Warga Solo dan Perwakilan Berbagai Suku Adakan Doa Bersama

OSO juga mengenang Habibie sebagai sosok yang unik. Habibie selalu bercerita dengan gaya khasnya yang mengesankan banyak orang. Habibie meninggal dunia karena sudah berusia tua sehingga sejumlah organ dalam tubuhnya mengalami degenerasi. Salah satunya adalah jantung.

Rencananya, Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kalibata, Jakarta Selatan. Tepatnya di samping makam almarhum istrinya, Hasri Ainun. (Knu)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH