Mantan Presiden dan Wapres Diundang Ikuti Upacara HUT ke-77 RI di Istana

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 01 Agustus 2022
Mantan Presiden dan Wapres Diundang Ikuti Upacara HUT ke-77 RI di Istana
Upacara HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/8/2020). (ANTARA/AGUS SUPARTO)

MerahPutih.com - Istana Kepresidenan akan menggelar peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Indonesia secara terbuka pada 17 Agustus 2022 setelah selama dua tahun terakhir digelar secara terbatas karena pandemi COVID-19.

Untuk tahun ini, Istana mengundang seluruh presiden dan wakil presiden (wapres) yang pernah memimpin negeri ini untuk mengikuti langsung peringatan HUT ke-77 Indonesia di Istana Kepresidenan.

Baca Juga

2 Tahun Terhenti, Kirab Bendera Pusaka saat 17 Agustus Kembali Digelar

"Tentunya kami semua undang untuk hadir di Istana. Akan tetapi, karena dalam pandemi ini, kami juga membuka ruang untuk hadir secara online," ucap Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin di Jakarta, Senin (1/8).

Namun, kata Bey, keputusan untuk hadir pada upacara HUT Kemerdekaan Indonesia di kompleks Istana Kepresidenan, diserahkan kepada mantan presiden dan mantan wakil presiden RI.

"Tentunya untuk kehadiran sangat bergantung pada keputusan bapak-bapak dan ibu semua. Akan tetapi, kami juga tetap menghadirkan secara virtual, kami membuka opsi itu," sambungnya.

Selain itu, Istana akan mengundang jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju, para ketua lembaga negara, dan juga sejumlah perwira tinggi di TNI/Polri.

Baca Juga

Saran Luhut ke Jokowi Tentang Status Endemi COVID-19 Kado 17 Agustus

Istana juga akan mengundang masyarakat secara terbatas sekitar 2.000 hingga 3.000 orang untuk menghadiri langsung HUT Ke-77 Kemerdekaan RI di kompleks Istana Kepresidenan.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyampaikan, masyarakat bisa mendapat undangan untuk menghadiri langsung peringatan HUT RI di Istana dengan cara melakukan pendaftaran. Sistem yang digunakan adalah first in first out, yang memprioritaskan pendaftar tercepat.

"Di luar itu, mungkin secara otomatis sistem itu tertutup sehingga mulai hari ini (jika) di daftar sudah sampai di posisi 2.000 undangan, undangan untuk masyarakat sudah selesai, maksudnya sudah habis karena keterbatasan tempat," kata Heru.

Masyarakat dapat mendaftar melalui situs pandang.istanapresiden.go.id setelah situs tersebut diluncurkan.

"Silakan masyarakat mendaftar, dan nanti masyarakat yang terpilih secara offline. Nanti setelah peluncuran (situs pendaftaran), silakan mendaftar, kami akan informasikan siapa yang ke Istana," pungkasnya. (*)

Baca Juga

Koalisi Indonesia Bersatu Akan Bahas Capres Setelah 17 Agustus

#HUT RI #Istana Kepresidenan
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan