Mantan Panglima TNI Moeldoko Sumbang Gunungkidul Rp3,5 Miliar

Eddy FloEddy Flo - Selasa, 09 Agustus 2016
Mantan Panglima TNI Moeldoko Sumbang Gunungkidul Rp3,5 Miliar
Jenderal Purn Moeldoko saat sertijab Pangab beberapa waktu lalu (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

MerahPutih Peristiwa - Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Moeldoko salurkan sumbangan Rp3,5 miliar untuk warga di Gunungkidul yang terkena dampak kekeringan.

Petinggi TNI yang pernah memimpin Kodam Siliwangi ini mengatakan, bantuan tersebut merupakan balas jasa dirinya atas kedermawanan masyarakat Gunungkidul saat ia menjadi taruna akmil di tahun 70-an. "Alhamdulliah, setelah punya kesempatan, saya ingin mengembalikan darma bakti saya kepada masyarakat," katanya di Pacarejo, Gunungkidul, DI Yogyakarta, Senin (8/8).

Saat menjadi taruna akmil, Moeldoko pernah melintasi kabupaten paling timur di Provinsi Yogyakarta ini. Ia melintasi beberapa desa di Gunungkidul untuk mengikuti rute bersejarah yang pernah dilalui Soedirman. Dalam perjalananya, Moeldoko mendapat bantuan masyarakat Gunungkidul berupa ubi dan air putih. "Ini (bantuan) hadiah. Saya ingin memberi hadiah kepada masyarakat Gunungkidul," kenangnya.

Bantuan diberikan berupa alat teknologi pengairan. Pengairan ini tersalurkan ke beberapa desa, di antaranya Semanu dan Pacarejo. Menurut Moeldoko, teknologi pengairan ini tidak membebani masyarakat untuk membeli bahan bakar.

"Sistem ini sangat efisien. Tidak menggunakan mesin, sehingga tidak terbebani harus membeli bahan bakar," katanya menjelaskan.

Sistem pengairan memanfaatkan Sungai Kepek. Guna menjaga kenyamanan wisatawan yang memanfaatkan sungai tersebut di kawasan Kali Suci, sistem pengairan hanya digunakan pada malam hari. Sementara siang harinya, sistem diistirahatkan.(Fre)

BACA JUGA:

  1. Isu Reshuffle, Moeldoko Masuk Luhut Terpental
  2. Moeldoko Sebut McDonald's Sebagai Invasi Budaya
  3. Moeldoko Pantas Jadi Menko Polhukam
  4. Jenderal Moeldoko Disebut Bakal Duduk di Kursi Kabinet Jokowi
  5. Jenderal Moeldoko: Tugas Pokok Pemimpin Ada Dua
#Bencana Kekeringan #Kabupaten Gunungkidul #Jenderal Moeldoko
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan