Mantan Bukan Dilupakan, Tapi Dimaafkan! Maafkan mantanmu meskipun kamu sangat kesal dengannya (Foto: Pexels/Rene Asmussen)

PUTUS cinta memang menyakitkan. Aktivitasmu pun bisa terganggu karena selalu teringat dirinya di benakmu. Tentu kamu ingin cepat-cepat move on dengan cara melupakan mantanmu itu.

Namun, caramu salah. Melupakan mantan bukanlah solusi dari masalah patah hatimu. Mantan bukan dilupakan, tapi dimaafkan. Itu cara paling tepat agar kamu bisa sembuh dari luka Masa lalu.

Baca juga: Apa yang Harus Kamu Lakukan di Hari Pernikahan Mantan?

"Apapun yang ingin Kita lupakan malah membuat Kita semakin ingat hal itu. Jadi melupakan mantan itu sia-sia," ujar pakar Emotional Healing & Mindfulness Adjie Santosoputro kepada merahputih.com, Selasa (13/8), di Pacific Place, Jakarta Selatan.

Menurut Adjie, melupakan mantan sangat enggak mungkin dilakukan. Kamu harus menghadapi kenyataan bahwa kamu dan mantanmu telah berpisah. Tapi kamu enggak bisa menampik bahwa dia pernah hadir di dalam kehidupanmu.

Melupakan mantan enggak bisa dilakukan dengan sengaja (Foto: Pexels/Trinity Kubassek)

"Yang perlu kita lakukan itu sadari bahwa mantan itu adalah masa lalu. Jangan menyangkal, sadari saja bahwa dia bagian dari dirimu di masa lalu," tambah Adjie.

Enggak ada cara pakem untuk melupakan mantan. Sebab kata Adjie, melupakan sesuatu enggak bisa dilakukan dengan sengaja. Ia pun mencontohkan jika seseorang meletakan kunci di sebuah rak. Tentu orang tersebut enggak mungkin bisa melupakan dengan sengaja di mana lokasi ia meletakkan kunci.

Baca juga:

Wajib Tahu, Tiga Tanda Penting Mantan Masih Belum Move On Darimu

"Niat Kita melupakan sesuatu dengan sengaja tidak bisa. Contoh kita naro kunci di rak terus ingin dilupakan tidak bisa kan," paparnya.

Selain itu, enggak ada gunanya jika menyimpan rasa dendam kepada mantan. Memang, selalu ada rasa kesal kepada mantan kamu. Tapi kamu harus bisa bersikap bijak. Maafkan mantanmu meskipun dia menimbulkan luka yang begitu dalam di hatimu.

Ada hikmah di balik kandasnya hubungan asmaramu (Foto: Pexels/Pixabay)

Sebab, selalu ada pelajaran berharga yang bisa kamu dapat dari kegagalan hubungan asmaramu. Kelak pelajaran berharga itu akan membentuk kamu menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Jadi, maafkan saja mantanmu. "Karena yang menyakiti kita bisa jadi berkah kehidupan kita," ujarnya.

Jadi pada intinya, nikmati saja suasana hatimu yang tengah bersedih. Jangan pernah kamu paksakan. Apalagi kamu niatkan untuk melupakan mantanmu. Cukup kamu tanamkan dalam dirimu. Kenangan di masa lalu dengan mantanmu hanyalah sebuah pikiran. Dan pikiran itu bisa mengganggu aktivitas harian kamu yang sangat berharga.

"Yang penting sikap Kita ketika ingatan itu muncul bukan menghilangkannya. Semakin berusaha menghilangkan ingatan itu, akan semakin menerkammu.Sadari aja itu hanyalah pikiran," tukasnya. (ikh)

Baca juga:

Catat! Inilah Waktu Paling Tepat untuk Kirim Pesan ke Mantan

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH