Manjakan Konsumen dengan Cara yang Tepat

P Suryo RP Suryo R - Minggu, 04 September 2022
Manjakan Konsumen dengan Cara yang Tepat
Manjakan konsumen demi kelancaran usahamu merupakan hal yang penting dilakukan. (freepik/rawpixels)

UNTUK mendapatkan konsumen yang setia, kita perlu membuat mereka puas dengan produk atau pelayanan yang kita berikan. Membuat mereka kecewa adalah hal yang tidak boleh dilakukan.

Melansir Rimma, menjelaskan bahwa kepuasan konsumen jadi hal yang utama agar mereka merasa mendapatkan lebih dari apa yang mereka bayar dan bersedia melakukan pembelian kembali yang kemudian mendorongnya menjadi konsumen loyal. Untuk itu, perlu rasanya membuat layanan yang bisa memanjakan konsumen.

Tidak perlu biaya yang besar kok, membuat konsumen senang bisa dilakukan dengan beberapa hal ini.

Baca Juga:

Perlakuan-Perlakuan yang Menempatkan Konsumen Sebagai Musuh

konsumen
Pembebasan biaya tambahan seperti biaya bubble wrap akan meringankan konsumenmu. (freepik/jcomp)

Gratisan

Orang pada umumnya menyukai sesuatu yang gratis. Tawarkan mereka sesuatu yang bisa didapatkan dengan cuma-cuma. Tentunya tidak harus hadiah besar, bahkan sesuatu yang kecil akan dihargai oleh mereka. Coba cari apa yang sekiranya terkait dengan bidang yang kamu jual.

Jika kamu berbisnis di bidang makanan, mungkin dapat menawarkan tambahan minuman gratis. Atau jika kamu berbisnis di bidang kosmetik, kamu bisa memberikan sample produk saat minimum pembelian tertentu.

Biaya

Ini sering jadi favorit banyak pelanggan. Meskipun biaya tambahannnya itu sedikit, tapi jika dibebaskan dari biaya tersebut maka bisa berkesan untuk mereka. Sebut saja untuk kamu yang berbisnis online, pembebasan biaya tambahan seperti biaya bubble wrap akan meringankan pelanggan. Ini cara yang bagus untuk menyenangkan konsumen.

Layanan ‘upgrade’

Memberikan layanan untuk meng-upgrade sesuatu akan membuat konsumen jadi merasa diprioritaskan. Misalnya saja jika kamu berbisnis di bidang makanan, upgrade minuman dari ukuran biasa menjadi yang lebih besar. Atau jika online shop, kamu dapat meng-upgrade layanan pengiriman regular menjadi pengiriman yang lebih cepat.

Pelayanan personal

Rasanya selalu menyenangkan jika dikenal. Begitu juga dengan konsumen. Buat mereka jadi merasa dikenal dan dekat dengan perusahaan. Itu akan membuat konsumen merasa benar-benar dipedulikan. Kamu bisa membuat ucapan terima kasih yang dituliskan nama mereka, dan bisa juga ditambahkan sedikit quotes singkat.

Baca Juga:

Konsumen Skincare Lebih Cerdas dalam Berbelanja Online

konsumen
Konsumen merasanya senang jika dikenal dan dekat dengan penjualnya. (freepik/rawpixels)

Penawaran khusus

Berikan konsumen penawaran khusus seperti voucher promo atau potongan diskon untuk pembelian berikutnya. Setidaknya hal seperti ini dapat memancing keinginan pelanggan untuk melakukan pengulangan pembelian.

Momen penting

Banyak momen yang bisa dijadikan kesempatan untuk berinteraksi dengan konsumen. Misalnya mengucapkan selamat ulang tahun kepada mereka melalui e-mail. Atau saat perayaan momen hari raya agama, tahun baru, dan lainnya. Dengan ucapan tersebut, itu sekalian bisa menjadi ‘pengingat’ tentang keberadaan bisnismu.

Akses eksklusif

Pemberian akses kepada konsumen juga bisa membuat mereka diutamakan. Misalnya saat peluncuran produk baru, kamu bisa memberikan undangan mereka untuk datang ke launchingnya sebelum dilihat oleh umum. Atau mungkin hal sesederhana memberikan mereka link ekslusif untuk meng-order produk baru, sebelum habis oleh konsumen lain.

Konsumen yang loyal tidak datang dengan begitu saja. Perlu usaha untuk mempertahankan mereka. Apalagi banyak kompetitor di luar sana. Cara diatas mudah untuk dicoba bukan? Sedikit manjakan konsumen, berdampak baik untuk usahamu. (DGS)

Baca Juga:

Pentingnya Pengalaman Positif Konsumen dalam Beriklan

#Lipsus September Konsumen #Inspirasi
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan