Manis dan Hangat Pisang Epe, Camilan Nikmat Khas Makassar Pisang Epe (Foto: Instagram/ranangdagama)

INDONESIA punya banyak sekali camilan khas yang pastinya juga nikmat. Salah satunya yakni Pisang Epe, jajanan khas Makassar, Sulawesi Selatan, yang sangat terkenal.

Sesuai dengan namanya, pisang menjadi bahan dasar camilan satu ini. Bukan sembarang pisang, melainkan pisang kepok yang tidak terlalu matang. Hal itu lantaran tekstur pisang tak terlalu lembek, sehingga mudah digeprek, dipipihkan, dan dijepit.

Setelah dipipihkan dan dijepit, pisang kepok pun dipanggang di atas bara dengan api sedang, kurang lebih 10 menit. Angkat setelah pisang terlihat cukup matang, lalu siram dengan kuah gula merah. Pisang Epe pun siap dinikmati. Bisa juga dikreasikan dengan menambah kacang tanah sangrai sebagai topping.

Soal rasa, Pisang Epe tak diragukan lagi kelezatannya. Pada gigitan pertama, Anda akan merasakan sensasi pisang bakar yang empuk dengan balutan topping original, yaitu siraman gula merah manis dan lembut. Kerenyahan kacang sangrai menambah keseruan rasa Pisang Epe ini.

Pisang Epe (Foto: Instagram/ulvayaomil)

Selain gula merah dan kacang, Pisang Epe juga bisa disajikan dengan berbagai pilihan topping lainnya, seperti durian, cokelat, keju, kelapa, dan stroberi. Camilan tradisional Indonesia yang satu ini biasa dinikmati warga Makassar sambil menyambut datangnya senja di pinggir pantai, ditemani secangkir teh.

Untuk menikmati seporsi Pisang Epe yang lezat, lembut, dan manis itu, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 10 ribu hingga Rp 15 ribu. Nah, bagaimana, Anda tertarik untuk menjajal kenikmatan camilan khas Makassar yang satu ini? Anda juga bisa mencoba membuatnya sendiri, lho Sahabat MerahPutih! (*)

Yuk, baca juga artikel tentang kuliner menarik lainnya: Kapurung, Kuliner Khas Sulawesi Selatan Tandingan Coto Makassar.



Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH