Manis, Asam, dan Asin, Ramainya Rujak Khas Indonesia Rujak jadi camilan favorit saat cuaca panas. (foto: resepmasakandankue)

APA pilihan kamu untuk camilan? Rujak mungkin salah satunya. Enggak hanya enak dijadikan camilan, dalam budaya Jawa, rujak jadi salah satu unsur penting dalam upacara tujuh bulanan. Saat usia kandungan sudah memasuki usia tujuh bulan, perempuan hamil akan menjlanai upacara tujuh bulanan. Salah satu makanan yang wajib ada dalam upacara itu ialah rujak. Kepercayaannya ialah jika rujak terasa pedas, bayi yang lahir dipercaya laki-laki. Sebaliknya, jika rujak terasa enak dan bumbunya pas, bayi yang akan lahir dipercaya ialah perempuan.

Di hari panas, selain minuman segar, sepiring rujak buah akan sangat menggoda. Potongan buah berpadu segarnya bumbu rujak. Umumnya, bumbu rujak terbuat dari gula merah, garam, cabai, dan terasi. Ada juga yang menambahkan kacang dalam bumbu rujak. Apa pun bumbunya, rujak memang enak dinikmati sebagai camilan di hari yang terik.

Ada berbagai jenis rujak segar di Tanah Air. Berikut 5 rujak buah segar khas Indonesia.

1. Rujak Manis

rujak manis
Rujak manis bercitarasa pedas manis.(foto: resepkoki)

Seperti namanya, rujak manis disajikan dengan saus manis pedas yang enak banget. Penyajian rujak ini sederhana, seperti salad buah. Mangga muda, bengkuang, pepaya mengkal, kendondong, jambu, belimbing, dan berbagai buah lainnya diiris tipis lalu disiram bumbu rujak yang terbuat dari gula jawa, kacang tanah, asam, garam, jeruk nipis, dan cabai.

Amat mudah menemukan rujak manis ini di penjual buah potong. Di daerah perkantoran Ibu Kota, penjual rujak manis bahkan jadi yang paling diburu saat jam makan siang. Apa kamu termasuk yang doyan rujak manis?


2. Rujak Gobet atau Serut

rujak gobet
Rujak gobet sering disajikan di acara tujuh bulanan. (foto: resepmasakannusantara)

Kota Surabaya punya rujak buah yang segar, yakni rujak gobet. Aneka buah seperti kedondong, bengkoang, mangga, nanas, ketimun, ubi jalar, dan jeruk Bali diserut kasar dan direndam bumbu rujak bercitarasa pedas, manis, dan gurih. Segar deh pokoknya! Nah, rujak gobet ini nih sering disajikan dalam acara pernikahan, khitanan, dan ritual kehamilan 7 bulan.

3. Rujak Es Krim

rujak es krim
Dengan tambahan es puter, rujak jadi makin segar. (foto: youtube)

Mau rujak tampil lebih segar? Tambahkan saja es krim, jadi deh rujak es krim. Sajian satu ini khas Kota Yogyakarta.

Pada dasarnya, rujak es krim ialah rujak serut yang diberi kuah sambal dan topping es puter berbahan dasar santan. Segar banget saat cuaca panas!


4. Rujak Kuah Pindang

rujak kuah pindang
Rujak dengan guyuran kuah pindang yang gurih. (foto: liburanbali)

Yang satu ini asli dari Bali. Rujak kuah pindang disajikan dengan bumbu yang terdiri dari garam, terasi, gula, dan cabai lalu diguyur kuah pindang.

Kuah pindang merupakan semacam kaldu ikan. Kuah pindang didapat dengan merebus ikan bersama serai, daun salam, dan garam. Rasanya sedikit amis, tapi bakal bikin kamu ketagihan. Umumnya, rujak kuah pindang berisikan mangga muda, pepaya mengkal, dan kedondong yang diiris tipis dengan pisau gobet.

5. Rujak Terasi

rujak terasi
Rujak terasi khas Lombok. (foto: deskgram)

Berani menyantap rujak berkuah merah? Jika iya, kamu wajib coba rujak terasi khas Lombok. Isiannya sih sama seperti rujak lainnya, aneka buah segar diiris tipis. Yang unik, kuah rujak ini menggunakan dua saus, yakni gula merah dan kuah merah. Kuah merah itu terbuat dari cabai rawit dan terasi. Pasti pedas dan mantap ya.

Segar semua kan? Kamu sudah coba yang mana saja nih?(dwi)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH