Manggung Terakhir, KISS Sambut Era Baru Sebagai Avatar

Febrian AdiFebrian Adi - Senin, 04 Desember 2023
Manggung Terakhir, KISS Sambut Era Baru Sebagai Avatar
KISS kembali dalam wujud avatar. (Foto: Dok/KISS)

UCAPKAN selamat tinggal kepada band rock & roll legendaris KISS. Pasalnya band yang terkenal dengan penampilan eksentrik itu, telah menutup penampilan terakhir mereka dalam tur perpisahan ‘The End of the Road’ di Madison Square Garden, New York, Amerika Serikat pada Sabtu (2/12).

Mengingat usia mereka yang sudah sepuh, keputusan ini pun diambil dengan sangat berat dari para personel ataupun kepada seluruh KISS Army (sebutan untuk penggemar KISS).

Baca juga:

2021 KISS Punya Kopi

View this post on Instagram

A post shared by KISS (@kissonline)

Namun jangan bersedih, KISS tidak akan benar-benar berhenti manggung atau membubarkan diri. Pada bagian encore pertunjukkan malam itu, para personel yang saat ini terdiri dari Paul Stanley, Tommy Thayer, Gene Simmons dan Eric Singer meninggalkan panggung, muncullah avatar digital dari keempat personel KISS.

Setelah transformasi menakjubkan itu, KISS secara resmi meluncurkan pertunjukkan virtual bertajuk ‘God Gave Rock and Roll to You’. Teknologi terbaru ini digunakan untuk mengisyaratkan babak baru bagi KISS, yaitu setelah malang melintang naik panggung selama 50 tahun, kini KISS menggunakan semacam keabadian digital.

“Hari ini, Era Baru Dimulai. #KISSARMY, akhir hanyalah sebuah permulaan. KISS telah diabadikan dan terlahir kembali sebagai avatar untuk rock selamanya,” tulis KISS di Instagramnya pada Minggu (3/12).

“Apa yang telah kami capai sungguh luar biasa, namun itu belum cukup. Band ini layak untuk terus hidup karena band ini lebih besar dari kami. Sangat menyenangkan bagi kami untuk melangkah lebih jauh dan melihat KISS diabadikan,” ujar Stanley dalam wawancaranya di kanal YouTube KISS.

Dikutip dari AP News, Minggu (3/12), avatar-avatar tersebut diciptakan oleh perusahaan efek khusus dari George Lucas bernama Industrial Light & Magic, yang bekerja sama dengan Pophouse Entertaiment Group. Perusahaan ini didirikan oleh Bjorn Ulvaeus dari ABBA.

Baca juga:

Film Biopik KISS akan Tayang 2024

Kedua perusahaan ini baru-baru ini bekerja sama untuk pertunjukkan ‘ABBA Voyage’ di London, di mana para penggemar bisa menghadiri konser penuh kelompok asal Swedia ini, yang dibawakan oleh avatar digital mereka.

Sementara itu, CEO Pophouse Entertaiment Per Sundin menuturkan bila teknologi baru ini memungkinkan KISS untuk melanjutkan warisan mereka dalam ‘keabadian’ karena ‘itulah kuncinya’.

“Dari teknologi yang mencari masa depan ini, KISS bisa menggelar konser di tiga kota pada malam yang sama, atau tiga benua yang berbeda. Itulah yang bisa kami lakukan dengan teknologi ini,” pungkas Sundin. (far)

Baca juga:

50 Tahun Bermusik, KISS Rilis Dokumenter 'KISStory'

#Musik
Bagikan
Ditulis Oleh

Febrian Adi

part-time music enthusiast. full-time human.
Bagikan