Manfaat yang Kamu Dapat Saat Rutin Mengonsumsi Bayam Merah Bayam merah (Sumber: alibaba)

KITA semua sadar akan manfaat luar biasa yang dimiliki bayam hijau. Tapi apakah kamu tahu manfaat bayam merah? Salah satu di antara beberapa varietas bayam ini memang kurang familiar dimandingkan bayam hijau. Tapi di balik itu, sayuran ini punya manfaat luar biasa.

Selain sumber nutrisi yang baik, bayam merah sering digunakan untuk keperluan pengobatan. Dalam pengobatan tradisional Afrika, bayam merah digunakan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan masalah lambung.

Manfaat nutrisi dari bayam merah tidak hanya untuk kesehatanmu tetapi juga berguna bagi kulit dan rambut. Nah, dilansir dari Boldsky, berikut ini sederet manfaat ketika kamu mengonsumsi bayam merah.

1. Meningkatkan pencernaan

Membantu pencernaan (Sumber: Pixabay/silviarita)
Membantu pencernaan (Sumber: Pixabay/silviarita)

Kandungan serat dalam bayam merah sangat bermanfaat untuk sistem pencernaan. Serat membantu dalam mengatur pergerakan usus dengan membersihkan usus besar. Selain itu bayam merah juga membantu dalam meredakan sembelit dan mencegah kanker usus besar, diabetes dan kolesterol.

2. Mengobati kanker

Mengobati kanker (Sumber: Pixabay/PDPics)
Mengobati kanker (Sumber: Pixabay/PDPics)

Bayam merah mengandung asam amino, zat besi, fosfor, vitamin E, kalium, vitamin C, dan magnesium. Mereka bekerja bersama untuk membasmi pertumbuhan sel kanker. Antioksidan dalam sayuran juga memainkan peran utama dalam mencegah timbulnya kanker. Mengkonsumsi bayam merah secara teratur dapat membantu mencegah pertumbuhan kanker.

3. Membantu diet

Membantu diet (Sumber: Pixabay/mojzagrebinfo)
Membantu diet (Sumber: Pixabay/mojzagrebinfo)

Kandungan protein dalam bayam merah membantu mengurangi kadar insulin dalam darah. Protein melepaskan hormon yang bertindak sebagai penghenti rasa lapar. Hal tersebut tentu akan mengurasi rasa lapar terus menerus. Selain itu kandungan serat bayam merah juga tak kalah bagusnya untuk menjaga rasa lapar.

4. Mengobati anemia

Mengobati anemia (Sumber: Pixabay/qimono)
Mengobati anemia (Sumber: Pixabay/qimono)

Bayam merah memiliki kandungan zat besi yang tinggi, yang sangat bermanfaat untuk perkembangan aliran darah. Konsumsi bayam merah secara rutin dapat meningkatkan kadar hemoglobin dan memurnikan darah, sehingga meningkatkan aliran darah secara alami.

5. Mengobati asma

Mengobati asma (Sumber: Pixabay/coltsfan)
Mengobati asma (Sumber: Pixabay/coltsfan)

Bayam merah memiliki nutrisi yang baik serta beta-karoten. Kandungan tersebut membantu mencegah timbulnya asma. Selain itu kandungan di bayam merah juga meningkatkan fungsi sistem pernapasan dan membersihkan segala pembatasan dalam tabung bronkial.

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH