Kesehatan

Manfaat Tabata Workout bagi Kesehatan

Dwi AstariniDwi Astarini - Kamis, 11 Agustus 2022
Manfaat Tabata Workout bagi Kesehatan
Latihan tabata cocok untuk kamu yang memiliki akitvitas yang padat. (foto: pexels.com_keiji yoshiki)

OLAHRAGA di rumah bisa kok. Tabata workout bisa jadi pilihan membakar kalori yang sedang digemari belakngan. Seperti halnya olahraga lainnya, tabata workout bisa membuat tubuh kamu lebih sehat, menjaga otot-otot tubuh, membakar kalori yang berlebihan, dan menjaga postur tubuh.

Seperti dilansir Dr Health Benefit, tabata merupakan latihan interval intensitas tinggi yang dikenal sebagai high intensity interval training (HIIT). Latihan tabata ini bisa meningkatkan detak jantung dan membakar kalori dalam waktu nan singkat. Hal tersebut membuat banyak orang menyukai workout ini untuk menurunkan berat badan mereka. Terlebih karena waktunya yang singkat, cocok untuk kamu yang memiliki aktivitas padat.

BACA JUGA:

Berjalan Ringan Setelah Makan dapat Kurangi Risiko Diabetes dan Masalah Jantung

Kamu bisa mencoba beberapa jenis workout tabata, seperti lunges (menargetkan punggung otot perut, glutes, paha belakang, paha depan, dan betis), push-up (menargetkan bahu, dada, dan trisep), jump squats (menargetkan pada glutes, hamstring, pinggul, dan paha depan), skaters (menargetkan pada paha depan dan glutes), dan burpees (menargetkan pada lengan, dada, bahu, kaki, pinggul, paha depan, glutes, dan perut).

latihan tabata
Tabata efektif membakar kalori. (foto: pexels.com_ketut subiyanto)

Latihan tabata tidak hanya efektif dalam membakar kalori, tapi ada juga beberapa manfaat kesehatan lainnya. Manfaat pertama latihan tabata yakni meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dr Izumi Tabata, seseorang yang mengembangkan bentuk workout ini, menemukan latihan tabata mampu meningkatkan sistem aerobik dan anaerobik yang merupakan sistem penghasil energi tubuh.

BACA JUGA:

Hipnosis Bisa Membantumu Turunkan Berat Badan


Kedua, tabata latihan kardio yang spektakuler. Pada saat melakukan latihan tabata, pasti kamu akan mendorong tubuh dengan keras dan juga melakukan kardio yang bisa membakar lemakmu. Karena kamu tidak mengatur napas dengan sepenuhnya pada saat istirahat selama 10 detik, detak jantung akan meningkat dan membuat tubuh kamu mengonsumsi sel-sel lemak sebagai energi.

latihan tabata
Kamu bisa melakukan latihan tabata di mana saja. (foto: pexels.com_mikhail nilov)


Manfaat ketiga ialah latihan yang singkat. Beberapa orang mungkin memiliki waktu luang yang sedikit untuk berolahraga karena terlalu sibuk dengan aktivitas sehari-hari. Kamu bisa menghabiskan sekitar 4 menit saja loh sebenarnya untuk berolahraga. Itu bisa membantu untuk membentuk tubuh kamu.(yos)

BACA JUGA:

Jangan Jijik, Ini Manfaat Konsumsi Serangga

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan