Manfaat Perawatan Kecantikan dari Kacang Shea Kacang Shea punya banyak manfaat untuk kecantikan. (foto: healthline)

KAMU mungkin baru kali ini mendengar kacang shea. Jenis kacang dengan nutrisi amat tinggi ini memang tumbuh dan berkembang di beberapa darah di Benua Afrika. Lemak alami yang dikandung kacang ini bisa digunakan untuk perawatan tubuh.

Untuk memperoleh lemaknya, ada beberapa tahap yang harus dilakukan. Kacang dikeringkan, dipanggang, lalu digiling. Proses tersebut akan menghasil bubuk yang bisa menjadi minyak saat direbus.

BACA JUGA: Bawalah Body Butter saat Traveling, ini Manfaatnya

Karena manfaatnya yang banyak, tumbuhan ini diburu banyak orang. Kacang shea dimanfaatkan untuk mengobati ketombe hingga sebagai tabir surya. Seperti dilansir laman Alodokter, berikut manfaat yang bisa didapat secara maksimal dari shea butter untuk kesehatan dan kecantikan.


1. Sebagai tabir surya

shea butter
Meningkatkan kadar SPF. (foto: better shea butter)

Shea butter sering kali dijadikan bahan campuran pada beberapa produk kecantikan. Salah satunya sunblock dengan varian shea butter. Kandungan dalam shea butter dapat dijadikan sebagai pelembap wajah. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan shea butter sebagai tabir surya.

Kandungan shea butter meningkatkan kadar sun protection factor (SPF). Tingkat SPF dalam shea butter bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang merusak kulit. Meski memiliki kandungan SPF, kulit tetap membutuhkan produk tabir surya yang khusus. Hal itu untuk menjaga kesehatan kulit.

2. Meredakan luka bakar ringan

shea butter
Kandungannya menjadi antiradang. (foto: healthline.com)


Salah satu komponen dalam shea butter bisa menjadi antiradang. Tak mengherankan jika shea butter mampu meredakan kemerahan dan pembengkakan akibat luka bakar ringan. Biasanya, luka bakar ringan terjadi akibat sunburn. Kandungan asam lemak shea butter juga mampu menenangkan kulit yang terluka. Dengan perawatan rutin menggunakan ekstrak shea butter, kulit yang mengering akibat sunburn dapat terjaga kelembapannya.

3. Mencegah jerawat

shea butter
Membuat lembap tapi tak berminyak. (foto: dermascope.com)


Manfaat lain dari pemakaian shea butter ialah kulit menjadi lembap. Namun, tak berminyak di saat bersamaan. Bagi pemilik kulit sensitif dan berminyak, pemakaian shea butter baik untuk mengontrol produksi minyak. Kandungan asam lemak esensial dalam shea butter yang mengatur kadar minyak kulit mampu mencegah pertumbuhan jerawat.

4. Mengurangi stretch marks dan keloid

shea butter
Meningkatkan elastisitas kulit. (foto: dermatology specialist)

Terdapat ragam kandungan yang baik untuk kulit dalam shea butter, di antaranya vitamin A dan E. Kedua vitamin itu memiliki peran dalam melembapkan sekaligus meningkatkan elastisitas kulit. Kondisi kulit yang lembap mencegah dan juga mengurangi stretch marks. Bahkan, ada penelitian yang mengabarkan di dalam shea butter terkandung asam lemak esensial sehingga mampu menghidrasi dan melemahkan pertumbuhan keloid.

5. Menghalau penuaan dini

shea butter
Mengurangi garis halus di wajah. (foto: stylecraze)


Kandungan vitamin A dan E dalam shea butter tak hanya efektif mengurangi stretch marks dan keloid, tapi juga menutrisi kulit sehingga memperlambat proses penuaan dini. Garis-garis halus dan kerutan perlahan tersamarkan. Rutin memakai shea butter membuat kulit tampak lebih awet muda dan berseri.

Selain vitamin, shea butter juga mengandung triterpen. Kandungan itu mampu menjaga sekaligus meningkatkan produksi kolagen. Dampaknya, kulit terasa kenyal. Proses regenerasi kulit pun dirangsang untuk membentuk sel kulit baru.(Dys)

BACA JUGA: Skincare Populer Yang Dibenci oleh Dermatologis



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH