Manfaat Olahraga Hoki Bagi Tubuh

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Rabu, 06 Desember 2023
Manfaat Olahraga Hoki Bagi Tubuh
Olahraga hoki menyimpan beragam manfaat. (Foto: Pexels/Pixabay)

DI Indonesia, olahraga hoki tak sepopuler sepakbola atau bulutangkis. Namun, dari segi manfaat untuk tubuh, olahraga hoki tak kalah dengan sepakbola dan bulutangkis.

Manfaatnya merentang dari peningkatan kebugaran fisik hingga pengembangan keterampilan mental. Olahraga hoki tidak hanya memberikan keseruan kompetisi, tetapi juga menyuguhkan beragam dampak baik yang patut diapresiasi.

Seperti dikabarkan Alodokter, hoki termasuk salah satu jenis olahraga kardio yang menggunakan alat pukul (stick) dan bola khusus berbentuk gepeng.

Jenis olahraga ini biasa dimainkan di atas permukaan es. Walaupun Indonesia bukan negara musim dinign, beberapa arena ice skating sering menyediakan arena bermain hoki es. Hoki juga bisa dimainkan di atas lapangan rumput meskipun jarang.

Berikut berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan jika rutin bermain hoki:

Baca juga:

Tampil di Asian Games Hangzhou, Timnas Hoki Indoor Indonesia Bersiap Ukir Sejarah

Olahraga hoki dapat menurunkan berat badan. (Foto: Pexels/Total Shape)
Olahraga hoki dapat menurunkan berat badan. (Foto: Pexels/Total Shape)

1. Mendukung Kesehatan Jantung


Olahraga ini dianggap mampu menurunkan dan melancarkan aliran darah. Selain itu, hoki dapat membuat jantung mampu memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh.

Oleh sebab itu, banyak yang menganggap bahwa olahraga ini baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

2. Meningkatkan Kekuatan Otot Kaki dan Lengan

Gerakan yang ada dalam permainan hoki yang berlari sambil menggenggam stick dengan erat dapat menunjang kekuatan otot dan sendi-sendi kaki, lengan, dan perut. Hoki juga menuntut kekuatan otot karena akan ada benturan antarpemain.

3. Mengedalikan Berat Badan

Olahraga hoki termasuk olahraga dengan intensitas yang tinggi sehingga amat efektif untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan. Jumlah kalori yang terbakar saat kamu bermain hoki adalah 472 sampai 563 per jam.

Baca juga:

Persiapan Tim Hoki Indoor Putra Indonesia untuk 'Angkat Piala' di Sea Games 2023

Jika tak punya kemampuan ice skating, bisa berlatih hoki lapangan. (Foto: Pexels/Patrick Case)
Jika tak punya kemampuan ice skating, bisa berlatih hoki lapangan. (Foto: Pexels/Patrick Case)

4. Menurunkan Stres dan Meningkatkan Suasana Hati

Permainan intensitas tinggi ini bisa membuat tubuh menjadi rileks dan tenang. Ini karena olahraga kardio dapat melepaskan hormon endorfin yang mampu kurangi stres, memperbaiki suasana hati, dan meningkatkan kualitas tidurmu.

Penting untuk kamu ketahui, jika kamu tidak punya latar belakang bermain hoki es, wajib untuk belajar meluncur terlebih dahulu.

Memainkan hoki es perlu memiliki kemampuan ice skating yang cukup. Disarankan untuk mencoba hoki lapangan jika kamu tidak memiliki kemampuan bermain ice skating. (zvw)

Baca juga:

Wasekjen NOC Indonesia Puji Kesuksesan Tim Hoki yang Rebut Medali Emas SEA Games 2023

#Kesehatan #Olahraga
Bagikan
Bagikan