Kesehatan

Manfaat Minum Air Hangat Bagi Kesehatan

Muchammad YaniMuchammad Yani - Kamis, 29 Agustus 2019
Manfaat Minum Air Hangat Bagi Kesehatan
Rutin minum air hangat baik untuk kesehatan tubuh (Foto: PexelsDaria Shevtsova)

SEKITAR 70 persen tubuh manusia mengandung cairan. Saat beraktivitas, cairan tubuh dikeluarkan melalui keringat ataupun pembuangan urine. Tak heran, air dibutuhkan untuk mengganti dan memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Setidaknya, minum delapan gelas sehari atau setara dua liter.

Umumnya, kalangan remaja lebih menyukai air dingin dibandingkan hangat. Padahal air hangat lebih memiliki banyak manfaat. apa saja itu? Dilansir dari alodokter, berikut ini beberapa manfaat meminum air hangat bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga:

4 Alasan Pita Suara Mendadak Serak

1. Meringankan radang sendi

Meminum segelas air hangat setiap hari membuat tubuh lebih rileks (Foto: Unsplash Nathan Dumlao)
Meminum segelas air hangat setiap hari membuat tubuh lebih rileks (Foto: Unsplash Nathan Dumlao)

Mengonsumsi air hangat bisa menenangkan sistem saraf dan mencegah dehidrasi. Keuntungannya, rasa nyeri akan mereda. Tak hanya itu, air hangat juga bisa melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh hingga otak.

Kondisi ini membuat tubuh merasa tenang dan menghalau kecemasan ataupun kegelisahan. Tubuh yang rileks mampu membuat tidur lebih nyenyak. Agar mendapat kesehatan yang lebih maksimal, bisa menggantinya dengan susu hangat.

2. Mengurangi rasa nyeri haid

 Redakan nyeri haid dengan meminum air hangat (foto: Pexels/Rawpixel)
Air hangat dapat melancarkan aliran darah di tubuh. (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Saat menstruasi, kebanyakan perempuan mengalami nyeri hingga kram otot perut. Hal ini dikarenakan kondisi cairan dalam perut tertahan dan terasa kembung. Guna mengantisipasinya, minumlah segelas air hangat secara berkala. Air hangat juga bisa melancarkan aliran darah dalam tubuh.

Baca Juga:

Jaga Kesehatan Tulangmu Sejak Dini dengan 6 Cara Ini

3. Meredakan flu dan radang tenggorokan

Air hangat bisa redakan radang sendi (Foto: Medical News Today)
Air hangat bisa redakan radang sendi (Foto: Medical News Today)

Tak hanya baik untuk radang, air hangat juga bantu meredakan gejala flu, sepertu sakit tenggorokan, pilek dan dehidrasi. Kamu bisa menggunakan air hangat dengan dua cara.

Diminum secara langsung atau memanfaatkan uapnya. Cocok bagi kamu yang sedang mengalami hidung tersumbat. Uap hangat bisa mengencerkan lendir yang tersumbat. Agar hasilnya maksimal, dapat juga menambahkan madu, lemon ataupun jahe.

Cara lainnya, berkumur dengan air hangat yang dicampurkan garam. Gusi yang membengkak dan radang tenggorokan bisa berkurang. Lakukan setiap tiga kali sehari selama 30 detik.

4. Pereda gejala akalasia

Air hangat bisa melancarkan proses pencernaan makanan ke lambung (Foto: bustle)
Air hangat bisa melancarkan proses pencernaan makanan ke lambung (Foto: bustle)

Gejala akalasia ditandai dengan permasalahan mencerna makanan ke dalam lambung. Biasanya, penderita akan kesulitan menelan dan merasa sisa makanan terjebak di kerongkongan. Agar bisa meredakan tenggorokan, minumlah air hangat secara perlahan hingga merasa membaik. (dys)

Baca Juga:

'Baby' 'Walker' Sebabkan Kelainan Pada Anatomi Kaki Si Kecil

#Info Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan