Manfaat Mengonsumsi Jus Kentang Kentang (Foto: Unsplash)

KENTANG, memang terdengar aneh kalau sayuran ini dijadikan jus layaknya wortel ataupun tomat. Rasanya pun tak seenak jus lainnya. Namun, dilansir dari Boldsky, jus ini memiliki segudang manfaat kesehatan.

Jus kentang merupakan sumber fitokimia, vitamin, dan mineral yang sangat baik seperti vitamin C, kalium, kalsium, zat besi, seng, fosfor, vitamin B, dan tembaga. Berikut ini manfaat yang akan kamu dapatkan saat mengonsumsi jus kentang.

Baca juga:

Jerawat Cinta itu Benaran Ada enggak Sih?


1. Meningkatkan pencernaan

Meningkatkan pencernaan (Foto: Boldsky)
Meningkatkan pencernaan (Foto: Boldsky)


Jus kentang dapat membantu meningkatkan saluran pencernaan karena mengandung banyak alkali. Menurut sebuah penelitian, jus kentang dapat membantu menurunkan refluks asam, meredakan gastritis dan mengurangi keparahan masalah perut. Minumlah setengah cangkir jus kentang dua hingga tiga kali sehari, satu jam sebelum makan.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Meningkatkan kekebalan tubuh (Foto: Boldsky)
Meningkatkan kekebalan tubuh (Foto: Boldsky)


Jus kentang mengandung sejumlah besar vitamin C, antioksidan yang larut dalam air untuk melawan infeksi dan flu biasa. Vitamin C melindungi sistem kekebalan tubuh dari patogen berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit kronis.

Baca juga:

Hati-Hati, Kol Goreng Bisa Picu Kanker


3. Meredakan mulas

Meredakan mulas (Foto: Boldsky)
Meredakan mulas (Foto: Boldsky)

Mulas terjadi ketika asam lambung mengalir mundur ke kerongkongan. Jus kentang mengandung senyawa-senyawa penting yang melapisi lapisan lambung, sehingga membantu menurunkan asam lambung dan menyembuhkan peradangan saluran pencernaan. Konsumsilah 3 hingga 4 sendok makan jus kentang setengah jam sebelum makan.

4. Meningkatkan fungsi hati

Meningkatkan fungsi hati (Foto: Boldsky)
Meningkatkan fungsi hati (Foto: Boldsky)


Salah satu manfaat jus kentang ialah berguna untuk mengobati masalah kandung empedu dan membersihkan hati. Jus kentang bertindak sebagai agen detoksifikasi yang meningkatkan kemampuan hati untuk menghilangkan produk limbah dan racun keluar dari tubuh. (*)

Baca juga:

Sakit Saat Berlibur? Atasi dengan 4 Hal Ini


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH