Manfaat Konsumsi Kurma untuk Kesehatan Buah Kurma (Instagram/Gudang Kurma indonesia)

Buah Kurma identik dengan hadirnya Bulan Suci Ramadan. Mengonsumsi buah kurma juga menjadi salah satu hal yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk dijadikan takjil pada saat berbuka puasa.

Buah yang berasal dari negara Timur Tengah ini memiliki banyak sekali manfaat salah satunya sumber vitamin C yang mampu mengatasi berbagai gangguan penyakit seperti sariawan, gangguan pencernaan dan kesehatan kulit lainnya. Bahkan tak hanya itu saja, masih banyak manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari rutin mengonsumsi buah Kurma seperti berikut ini.

1. Mencegah rematik

Buah Kurma memiliki banyak kandungan mineral yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh Anda terutama untuk kesehatan tulang dan otot. Konsumsilah kurma sebanyak 15 buah setiap hari untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda akan mineral utama seperti kalsium, kalium, magnesium, sulfur dan Boron.

2. Kurma kaya akan serat

Buah Kurma juga mengandung banyak serat yang baik jika dikonsumsi untuk pencernaan. Jika Anda mengonsumsi Kurma ketika berbuka puasa maka akan bermanfaat untuk menghindari sembelit akibat kurang mengonsumsi sayur dan buah.

3. Sumber energi yang sehat

Buah kurma memiliki kandungan zat besi tinggi yang menjadikannya suplemen diet bagi penderita anemia. Kandungan tinggi zat besi pada kurma dapat menyeimbangkan kekurangan zat besi pada pasien anemia, meningkatkan energi dan tenaga juga bisa mengurangi rasa lelah hingga lesu.

4. Mengurangi tekanan darah

Buah Kurma juga dikenal sebagai obat herbal yang alami untuk penderita hipertensi jika mengonsumsi 3-4 kurma setiap hari. Kandungan nutrisi pada buah kurma akan membantu menjaga tekanan darah Anda agar tetap stabil.

Demikianlah manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari rutin mengonsumsi buah Kurma. Lihat juga artikel informasi kesehatan lainnya di sini: Jurus Jitu Tahan Haus Selagi Puasa


Tags Artikel Ini

Selvi Purwanti