Kesehatan

Manfaat Menakjubkan Teh Hijau

Dwi AstariniDwi Astarini - Rabu, 20 Januari 2021
Manfaat Menakjubkan Teh Hijau
Teh hijau punya banyak manfaat kesehatan. (foto: pixabay/appledeng)

PARA penikmat teh tentu tak asing lagi dengan teh hijau. Teh yang satu ini dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan, salah satunya menurunkan berat badan.

Namun, enggak cuma itu manfaat teh hijau. Seperti dilansir Go-Dok, berikut manfaat teh hijau bagi kesehatan.


1. Meningkatkan Kesehatan

Teh hijau tidak hanya minuman. Teh hijau mengandung sekitar 30% polifenol yang memiliki efek mengurangi peradangan dan membantu melawan kanker serta mengandung sejumlah besar katekin yang disebut EGCG. Katekin adalah antioksidan alami yang membantu mencegah kerusakan sel dan memberikan manfaat lain.

Sementara itu, EGCG (epigallocatechin gallate) merupakan salah satu senyawa paling kuat dalam teh hijau. Zat-zat tersebut dapat mengurangi pembentukan radikal bebas dalam tubuh, melindungi sel dan molekul dari kerusakan. Radikal bebas itu dikenal memainkan peran dalam penuaan dan segala macam penyakit. Teh hijau juga memiliki sejumlah kecil mineral yang penting bagi kesehatan.


2. Membuat Lebih Cerdas

Ternyata di dalam teh hijau ada bahan aktif utama yaitu kafein yang dikenal sebagai stimulan. Memang kandungannya tidak sebanyak di kopi, tetapi cukup menghasilkan respons tanpa menyebabkan efek gelisah yang terkait dengan terlalu banyak kafein.

Teh hijau juga memiliki asam amino L-theanine yang mampu melintasi penghalang darah otak.

Studi menunjukkan bahwa kafein dan L-theanine dapat memiliki efek sinergis. Kombinasi keduanya sangat ampuh dalam meningkatkan fungsi otak.


3. Menurunkan Berat Badan

Teh hijau telah terbukti dapat meningkatkan tingkat metabolisme dan meningkatkan pembakaran lemak dalam jangka pendek, meskipun tidak semua penelitian setuju. Mengingat teh hijau dapat meningkatkan metabolisme dalam jangka pendek, teh ini dapat efektif membantu Anda menurunkan berat badan dan untuk mengurangi lemak perut yang berbahaya.


4. Mengurangi Risiko Beberapa Jenis Kanker

Kanker merupakan salah satu penyebab utama kematian di dunia yang disebabkan pertumbuhan sel yang tidak terkendali.

Teh hijau merupakan sumber antioksidan yang sangat kuat, sehingga dapat mengurangi risiko kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peminum teh hijau memiliki risiko lebih rendah dari berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker prostat dan kanker kolorektal.


5. Meningkatkan Kesehatan Gigi

Rajin mengonsumsi teh hijau akan bermanfaat untuk kesehatan gigi Anda. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa katekin dalam teh hijau dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan beberapa virus. Hal itu dapat menurunkan risiko infeksi dan mengarah pada perbaikan kesehatan gigi, risiko karies yang lebih rendah, dan mengurangi bau mulut.

Ayo, mulai minum teh hijau.(*)

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan