Manfaat Menakjubkan dari Teh Merah yang Jarang Diketahui Teh Merah bebas kafein. (Foto: Naturalife)

TEH merupakan salah satu minuman paling populer di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Hampir di setiap momen makanan pagi, siang ataupun malam, teh menjadi pilihan minuman banyak warga Indonesia.

Beberapa jenis teh telah dikenal luas di masyarakat Indonesia, seperti teh hijau, teh hitam, dan teh melati. Belakangan, tengah populer teh rooibos atau yang dikenal sebagai teh merah Afrika. Varian teh itu terkenal karena manfaat menakjubkannya untuk kesehatan tubuh.

Ternyata teh merah juga dapat menjadi alternatif bebas kafein selain teh hitam dan teh hijau. Serta banyak yang menyarankan bahwa antioksidan di dalamnya dapat membantu melindungi dari penyakit kanker, jantung, dan stroke.

Teh merah dari tumbuhan di Afrika. (Foto: livestrong)

Teh rooibos atau teh merah Afrika terbuat dari daun semak yang disebut Aspalathus linearis. Tanaman tersebut biasanya tumbuh di pantai barat Afrika Selatan.

Minuman yang satu ini sejatinya ialah ramuan dengan daun seperti jarum yang dipanen dan dikeringkan sebelum diseduh menjadi infus herbal cokelat kemerahan yang dikenal juga sebagai teh semak merah.

Teh merah terbuat dari daun semak merah.(Foto: pixabay/mayya666)

Pembuatannya dilakukan dengan memetik daun semak secara manual. Daun tersebut kemudian dimemarkan guna mendorong oksidasi dan mengembangkan warna dan rasa yang kaya dari teh. Setelah teroksidasi, teh rooibos menjadi lebih merah dan lebih manis. Teh yang satu juga ini memiliki rasa aromatik seperti halnya madu atau vanili

Tak hanya punya aromatik yang nikmat, teh merah Afrika punya banyak manfaat, seperti menurukan risiko penyakit jantung. Teh ini memiliki dampak positif pada tekanan darah, lantaran menghambat enzim angiotensin-converting (ACE). Enzim tersebut dapat meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan pembuluh darah berkontraksi. Selain itu, teh merah Afrika juga bisa membantu menurunkan kolesterol jahat, seperti yang dilansir Boldsky.

Teh merah Afrika baik untuk kesehatan jantung. (Foto: pixabay/pexels)

Manfaat menakjubkan yang kedua ialah teh merah Afrika dapat mengurangi risiko kanker. Hal itu disebabkan tingkat antioksidan yang meningkatkan kesehatan, yaitu aspalathin, luteolin, dan quercetin yang dapat membantu melawan radikal bebas yang biasanya menghancurkan sel-sel baik dalam tubuh. Antioksidan itu juga telah terbukti bisa membunuh sel-sel kanker dan mencegah pertumbuhan tumor.

Selain itu, teh merah Afrika meningkatkan kesehatan tulang. Sebuah studi menunjukkan teh merah Afrika memiliki banyak polfenol yang dapat meningkatkan aktivitas osteoblas (sel yang berkembang menjadi tulang). Kandungan orientin flavonoid dan luteolin pada teh sudah terbukti dapat meningkatkan aktivitas mitokondria (organel tempat berlangsungnya fungsi respirasi sel makhluk hidup) dan pertumbuhan tulang.

Manfaat lain yang enggak kalah hebat dari teh merah Afrika yaitu menurunkan berat badan dan menjaga rambut agar tetap sehat dan kuat. (ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Penderita Diabetes Dilarang Mengonsumsi Makanan Ini

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH