Manfaat Kesehatan Saat Kamu Rajin Mengonsumsi Salmon Daging Salmon (Sumber: Pixabay/Robert-Owen-Wahl)

SALMON dianggap sebagai salah satu makanan bergizi di planet ini. Itu karena salmon tidak hanya memiliki asam lemak omega-3 - EPA dan DHA, tetapi juga mengandung banyak vitamin serta mineral lainnya.

Daging salmon biasanya berwarna merah muda, tetapi warnanya bisa berkisar dari merah hingga oranye. Ikan terkenal ini adalah sumber protein yang mudah dicerna dan asam lemak. Bahkan salmon disebut-sebut sebagai salah satu makanan padat nutrisi teratas.

Dengan kandungan yang luar biasa tersebut tentunya Salmon punya banyak manfaat terutama bagi kesehatan. Nah, dilansir dari Boldsky, berikut ini manfaat yang kamu dapatkan ketika rajin mengonsumsi salmon.

1. Membantu menurunkan berat badan

Membuatmu lebih kurus (Sumber: Pixabay/mojzagrebinfo)
Membuatmu lebih kurus (Sumber: Pixabay/mojzagrebinfo)

Dengan kandungan protein yang sangat tinggi, sering mengonsumsi salmon dapat membantu program dietmu. Daging salmon mampu mengatur hormon pengendali nafsu makan dan membuatmu merasa kenyang untuk jangka waktu lebih lama. Studi penelitian menunjukkan bahwa lemak omega-3 pada ikan salmon dan ikan berlemak lainnya dapat mengurangi lemak perut pada orang gemuk.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Sehatkan jantung (Sumber: Pixabay/Pexels)
Sehatkan jantung (Sumber: Pixabay/Pexels)

Vitamin B dalam salmon menurunkan peradangan, yang merupakan akar dari penyakit jantung. Salmon juga mengandung antioksidan astaxanthin, senyawa peemberi warna merah pada salmon. Antioksidan ini mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

3. Mencegah kanker

Mampu mencegah kanker (Sumber: Pixabay/PDPics)
Mampu mencegah kanker (Sumber: Pixabay/PDPics)

Salmon memiliki efek positif dalam mencegah perkembangan kanker karena adanya asam lemak omega-3 dan selenium, mineral yang telah dikenal memiliki efek mendalam dalam memerangi tumor dan kanker. Asam lemak omega-3 menghambat pertumbuhan sel kanker usus besar, sel kanker prostat, sel kanker payudara, kanker hati dan juga kanker kulit.

4. Meningkatkan kesehatan mata

meningkatkan kesehatan mata (Sumber:  Pixabay/PublicDomainPictures)
meningkatkan kesehatan mata (Sumber: Pixabay/PublicDomainPictures)

Kandungan asam lemak omega-3 tinggi pada salmon dapat membantu mencegah degenerasi makula, kekeringan retina, kehilangan penglihatan dan kelelahan mata. Orang yang makan salmon secara teratur dikatakan memiliki penglihatan lebih baik dibandingkan dengan orang lain yang tidak memakannya.

5. Meningkatkan fungsi otak dan saraf

Mmeningkatkan fungsi otak (Sumber: Pixabay/ElisaRiva)
Mmeningkatkan fungsi otak (Sumber: Pixabay/ElisaRiva)

Kehadiran asam lemak omega-3 dalam salmon meningkatkan efisiensi fungsi otak, meningkatkan daya ingat dan juga membantu kamu tetap aktif. Asam lemak ini bersama dengan nutrisi lain melindungi sistem saraf dari kerusakan yang berkaitan dengan penuaan dan bertindak sebagai antidepresan yang melemaskan otak.



Muchammad Yani