Kesehatan

Manfaat Kacang Azuki untuk Ibu Hamil

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Jumat, 07 Oktober 2022
Manfaat Kacang Azuki untuk Ibu Hamil
Kacang Azuki menyimpan kandungan nutrisi yang dapat memenuhi kebutuhan ibu hamil. (Foto: Pexels/Leah Kelley)

UKURANNYA boleh mini, tapi manfaatnya maksi. Itulah kacang Azuki. Kacang ini tergolong kacang tolo merah atau kacang merah kecil yang biasanya digunakan dalam kuliner Indonesia. Kacang Azuki seukuran kacang kedelai. Warnanya krem, merah, atau coklat dengan bintik hitam yang menyerupai mata di tengahnya.

Kacang Azuki menyimpan kandungan nutrisi yang dapat memenuhi kebutuhan ibu hamil. Meski beberapa kacang-kacangan sering menjadi pantangan bagi ibu hamil, kacang Azuki sudah terbukti aman dikonsumsi ibu hamil.

"Seporsi atau 100 gram kacang adzuki memberimu hampir sepertiga folat yang dibutuhkan dalam sehari. Folat adalah nutrisi penting selama kehamilan. Folat membantu mengurangi risiko serius pada sumsum tulang belakang dan otak bayi yang baru lahir," tulis webmd.com.

Sementara itu, solidstarts.com mencatat bahwa kacang Azuki adalah sumber karbohidrat, serat, dan protein yang sangat baik untuk membantu mendukung perkembangan mikrobioma usus bayi. "Kacang Azuki juga sangat kaya potasium dibandingkan kacang lainnya, yang membantu mendukung keseimbangan jantung dan elektrolit bayi," tulis solidstarts.com

Lantas, apa saja manfaat kacang Azuki bagi ibu hamil? Yuk, kita simak.

Baca juga:

Istilah Ageisme untuk Ibu Hamil di Usia Lanjut Perlu Diubah

kacang azuki
Kacang azuki berukuran kecil mirip kedelai. (Foto: Pexels/Gabrielle de Souza)


1. Sumber Protein


American Pregnancy Association menyarankan ibu hamil untuk mengonsumsi 75 hingga 100 gram protein setiap hari. Protein berfungsi sebagai bahan pembangun tubuh. Ini juga berlaku untuk bayi dalam kandungan. Oleh karena itu, ibu hamil hanya perlu meningkatkan pola makan mereka dengan protein untuk mendukung perkembangan dan perbaikan bayi yang belum lahir.

"Satu porsi kacang azuki matang (230 gram) mengandung 17,3 gram protein," catat drhealthbenefits.com. Tidak hanya itu, azuki juga kaya akan serat, bisa mengurangi peradangan dan juga strech mark.


2. Mencegah Cacat Lahir


Kacang Azuki merupakan salah satu nutrisi dasar bagi perempuan, khususnya ibu hamil. Asam folat yang terkandung dalam Azuki bisa membantu mencegah cacat kelahiran pada bayi. Kacang Azuki juga kaya akan mangan, zat besi, fosfor, dan juga nutrisi mikro yang bisa membantu mengontrol menstruasi dan gejala pramenstruasi.

Baca juga:

Manfaat Kayu Manis untuk Ibu Hamil

kacang azuki ibu hamil
Kacang Azuki merupakan salah satu nutrisi dasar bagi perempuan, khususnya ibu hamil. (Foto: Pexels/Cottonbro)


3. Memperkuat Tulang dan Otot


Kacang Azuki yang dimasak atau diekstrak mengandung bahan bioaktif seperti saponin dan katekin. Bahan-bahan ini bisa membangun kembali resorpsi tulang dan keseimbangan susunan tulang. Resorpsi tulang adalah perombakan sel-sel tulang yang sudah tua dan rusak oleh osteoklas (sel pemecah tulang).

Secangkir kacang Azuki mentah mengandung sekitar 39 gram protein. Tidak ada yang bisa mengalahkan kekuatan proteinnya.


4. Kesehatan Ginjal


Kacang Azuki memiliki kandungan serat makanan yang tinggi, sekira 25 gram per cangkir. Azuki juga mengandung fitokimia (zat kimia atau nutrien yang diturunkan dari sumber tumbuhan) penguat sel yang kuat seperti polifenol (senyawa alami pada tumbuhan yang berperan sebagai antioksidan di dalam tubuh) dan proanthocyanidins (senyawa yang memberikan warna merah dan biru pada kacang) dalam jumlah banyak.

Konsumsi kacang azuki dalam takaran yang sempurna bisa menjaga ginjal dan membebaskan ginjal dari iritasi, cedera, dan kerusakan total. (yos)

Baca juga:

Bolehkah Ibu Hamil Makan Daging Kambing?

#Kesehatan #Ibu Hamil #Kacang-kacangan
Bagikan
Bagikan