Manfaat Garam Himalaya Bagi Kesehatan Himalayan Pink Salt lebih bermanfaat daripada garam biasa (Foto: noorasia.com)

KEBANYAKAN garam dijadikan sebagai bumbu masakan. Kandungan sodium dan klorida dalam garam memberikan ragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa diantaranya menjaga kestabilan cairan tubuh, meningkatkan sistem kerja saraf, otot dan kendalikan tekanan darah. Tak hanya itu, kandungan dalam garam juga baik dalam membantu proses mencerna makanan.

Tapi mengonsumsinya terlalu banyak juga sangat tidak bagus. Mengonsumsi garam berlebih bisa meningkatkan tekanan darah, menyebabkan stroke dan penyakit jantung koroner seperti yang diungkapkan laman alodokter. Hal ini memengaruhi pemahaman masyarakat untuk mengurangi penggunaan garam.

Baca Juga: Tinta Tato Ini Bisa Identifikasi Kondisi Kesehatan Tubuh

Maka dari itu, perlahan masyarakat beralih ke garam Himalaya atau Himalayan Pink Salt. Garam Himalaya dipercaya lebih menyehatkan daripada garam biasa. Berikut ini beberapa keunggulan yang telah merahputih rangkum.

1. Bantu menurunkan berat badan

Mengganti garam sebagai bahan penyedap rasa dalam menu masakan dietmu (Foto: Unsplash Le Creuset)
Mengganti garam sebagai bahan penyedap rasa dalam menu masakan dietmu (Foto: Unsplash Le Creuset)

Garam Himalaya dipercaya mampu menurunkan berat badan. Rendahnya kadar keasinan dalam garam Himalaya menjadikanmu terhindar dari penumpukkan lemak di perut. Dilansir dari laman himalayansaltusa, kandungan dalam garam Himalaya mampu mengurangi nafsu makan karena tingginya kadar gula dan karbohidrat. Garam Himalaya juga baik untuk melancarkan sistem pencernaan.

2. Sebagai bahan eksfoliasi

Larutan garam himalaya bisa merelaksasikan tubuh (foto: Unsplash Rune Enstad)
Larutan garam himalaya bisa merelaksasikan tubuh (foto: Unsplash Rune Enstad)

Kamu juga bisa jadikan garam Himalaya sebagai bahan eksfoliasi yang merelaksasikan tubuh. Biasanya, proses eksfoliasi memanfaatkan bahan alami bertekstur sedikit lebih keras. Laman himalayansaltusa mengabarkan pentingnya mengeksfoliasi dengan garam Himalaya guna melancarkan sirkulasi darah, menjaga metabolisme tubuh, mengurangi pembengkakan hingga meningkatkan sistem saraf.

Baca Juga: Manfaat Kesehatan Saat Kamu Rajin Mengonsumsi Salmon

3. Kandungan mineral tinggi

98 persen garam himalaya mengandung mineral (Foto: Pexels/Kaboompics)
98 persen garam himalaya mengandung mineral (Foto: Pexels/Kaboompics)

Dalam garam Himalaya terdapat 98 persen natrium klorida dan 2 persen mineral lainnya yang rendah konsentrasi. Warna garam ini cenderung terang. Hal itu dikarenakan garam Himalaya mengandung 84 jenis mineral berbeda. Dihasilkan dari kaki pegunungan, zat besi menjadi kandungan pendukung dalam garam Himalaya.

4. Terapi garam himalaya

Aroma terapi dari garam himalaya baik untuk pernapasan (Foto: Unsplash Uby Yanes)
Aroma terapi dari garam himalaya baik untuk pernapasan (Foto: Unsplash Uby Yanes)

American Lung Association dalam laman prevention mengungkapkan hirupan partikel garam ke dalam saluran pernapasan mampu mengurangi peradangan. Hal ini baik untuk meringankan gejala COPD atau asma. Persiapkan kurang lebih 45 menit guna menenangkan diri dengan menghirup aroma garam ini baik di pernapasan, jantung dan ginjalmu. (dys)

Baca Juga: Jaga Kesehatan Mental dengan Melakukan 5 Hal Sederhana Ini


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH