Yuk, Makan Talas, Manfaatnya Banyak untuk Kesehatan Talas memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. (Foto: Pixabay/varintorn)

BAGI orang Indonesia, talas bukan bahan makanan asing. Meski di kota-kota besar talas jarang ditemukan, beragam olahannya bisa dengan mudah didapat, seperti keripik dan roti.

Talas memiliki genus Cococasia dan keluarga Araceae. Umbi-umbian ini kebanyakan ditemukan di Asia Tengah Selatan, Semenanjung Melayu, dan India. Kemudian seiring waktu, talas menyebar ke Asia Tenggara, Jepang, Tiongkok, Kepulauan Pasifik, Arab, hingga Afrika. Tanaman ini disebut pan-tropos yang menyebar dan dibudidayakan di mana-mana.

Siapa sangka, makanan yang bisa diolah dengan sederhana ini tak hanya enak, tapi juga memiliki memiliki segudang manfaat buat kesehatan. Berikut beberapa manfaat talas untuk kesehatan seperti dilansir Boldsky.

1. Menyeimbangkan gula darah

 Talas di antaranya bisa mengontrol gula darah dalam tubuh. (Foto: Pixabay/rawpixel)
Talas bisa mengontrol gula darah dalam tubuh. (Foto: Pixabay/rawpixel)


Orang yang mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah memiliki peluang lebih kecil untuk terkena penyakit jantung dan diabetes. Talas memiliki indeks glikemik rendah yang secara alami membantung pasien diabetes mengontrol gula darah secara efektif.


2. Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan

 Mengonsumsi talas bisa meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. (Foto: Pixabay/Clker-Free-Vector-Images)
Mengonsumsi talas bisa meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. (Foto: Pixabay/Clker-Free-Vector-Images)

Talas memiliki kandungn serat sangat tinggi. Umbi ini menjadi sumper penting untuk meningkatkan pencernaan. Konsumsi serat yang cukup juga bermanfaat untuk pencegahan sembelit dan sindrom iritasi usus.

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH