Manfaat dan Bahaya Asam Folat bagi Ibu Hamil, Berapa Jumlah yang Dianjurkan? Ibu hamil sebaiknya tak berlebihan mengonsumsi asam folat. (Foto: Pixabay/PublicDomainPictures)

PENELITIAN menyatakan bahwa konsumsi asam folat berlebih saat hamil bisa berbahaya. Di sisi lain, konsumsi asam folat memiliki manfaat yang cukup baik bagi ibu hamil di antaranya dibutuhkan untuk proses metabolisme dan perkembangan otak.

Sebaiknya ibu hamil menakar berapa kebutuhan asam folat untuk mendapatkan manfaatnya dalam tubuh. Hal itu karena tak jarang ibu hamil justru mengonsumsi lebih banyak asam folat daripada yang dianjurkan.


1. Makanan-makanan dengan kandungan asam folat

Brokoli salah satu sayuran dengan kandungan asam folat tinggi. (Foto: Pixabay/sansoja)
Brokoli salah satu sayuran dengan kandungan asam folat tinggi. (Foto: Pixabay/sansoja)

Seperti dikutip Go Dok, asam folat sudah sering kali menjadi kandungan di dalam sereal, tepung terigu, roti, hingga kue-kuean. Asam folat secara alamiah terbentuk di dalam makanan, sebab asam folat adalah bentuk sintesis dari vitamin B yang biasa terdapat dalam makanan.

Makanan yang mengandung asam folat tinggi adalah sayur-sayuran seperti brokoli, selada, atau bayam, dan buah-buahan seperti melon, pisang, dan lemon. Selain itu, asam folat juga banyak terkandung dalam kacang-kacangan, jamur, daging, serta air jeruk dan tomat.

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH