Kecantikan

Manfaat Clay Mask untuk Kulit Wajah

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Sabtu, 21 November 2020
Manfaat Clay Mask untuk Kulit Wajah
Clay Mask untuk kecantikan. (Foto: 100percentpure.com)

TERDAPAT berbagai jenis masker kecantikan yang bermanfaat untuk kulit. Salah satunya adalah clay mask. Ternyata selain untuk kesehatan kulit, sebagian orang telah menggunakan clay mask selama berabad-abad untuk kesehatan rambut dan badan mereka juga.

Clay mask memiliki kandungan tanah liat atau sedimen yang kaya akan mineralnya, kandungan tersebut mampu membantu mendetoksifikasi kulit wajah kamu.

Baca juga:

Tips Tepat dan Sederhana Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan tanah liat tersebut berjenis kaolin clay dan bentonit clay. Kedua jenis tanah liat tersebut jika dipadukan dapat membantu mengangkat minyak yang berlebih pada wajah, mengatasi kulit yang kering, mencegah timbulnya jerawat hingga dapat meredakan kulit yang iritasi.

Melansir laman Healthline, berikut beberapa manfaat dari Clay Mask:

1. Mencegah timbulnya jerawat dan meminimalisir minyak di wajah

Clay mask dapat membuat wajah mulus (Foto: lifestylemunch.com)

Clay mask mampu menyerap minyak dari kulit dan juga dapat mencegah timbulnya jerawat, komedo hitam dan komedo putih. Jerawat dapat timbul ketika pori-pori kamu tersumbat oleh kotoran atau debu serta minyak yang berlebihan.

Untuk mengatasi ketiga hal tersebut, kamu disarankan untu mencampur clay mask dengan air hangat. Menggunakan air hangat dapat mengeluarkan minyak dan kotoran dari kulit.

Buat kamu yang memiliki wajah berminyak alami, disarankan untuk memakai clay mask sekali sampai dua kali selama seminggu.

2. Mengobati dermatitis, psoriasis, eksim dan rosacea

Dermatitis pada wajah dapat dihilangkan dengan clay mask. (Foto: osmiaorganics.com)

Masker yang mengandung jenis quaternium-18 bentonit berpotensi mengurangi gejala dermatitis yang disebabkan racun ivy dan racun oak.

Sebenarnya belum ada penelitian lanjut mengenai clay mask untuk psoriasis, eksim dan rosacea. Namun sudah banyak orang mengklaim masker ini dapat mengatasi gangguan kulit tersebut.

Penelitian pada hewan menunjukan clay mask meningkatkan produksi kolagen yang dapat mengurangi kerutan dan mengencangkan kulit.

Baca juga:

Penelitian: Kurang Tidur Membuat Orang Tidak Menyukaimu


3. Meningkatkan kesehatan rambut

Mengaplikasikan clay mask pada rambut (Foto: sanbebeauty.com)

Meskipun belum ada penelitian secara lanjut, namun beberapa orang mengaku bahwa clay mask dapat meningkatkan kesehatan rambut dengan mengeluarkan kotoran dan minyak dari kulit kepala.

Clay mask pun juga dapat membantu rambut tumbuh lebih cepat serta mengatasi ketombe dan rambut yang rusak.

4. Melindungi kulit dari racun

Menggunakan clay mask untuk mempercantik kulitmu (Foto: 100percentpure.com)

Sebuah penelitian menunjukan bahwa clay mask memiliki muatan listrik negatif. Muatan negatif ini dapat membantu mengikat racun muatan positif dan logam berat seperti merkuri yang ditemukan. (scp)

Baca juga:

Diet Detoks Makin Digemari Banyak Orang, Apakah Aman?

#Kecantikan #Kesehatan Kulit
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan