Inspirasi

Manfaat Cangkang Telur untuk Tanaman

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 01 Desember 2020
Manfaat Cangkang Telur untuk Tanaman
Cakang telur bisa dimanfaatkan untuk tanaman daripada menjadi limbah.(Foto: Pexels/Eva Elijas)

UMUMNYA semua orang setelah mengolah telur pasti akan langsung membuang cangkang telur. Karena dianggap sudah tidak bermanfaat Padahal, cangkang telur memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk tanaman.

Hampir seluruh cangkang telur mengandung kalsium karbonat yang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk kesehatan tulang dan otot, tanaman pun juga membutuhkannya. Lalu bagaimana memanfaatkan cangkang telur untuk tanaman? Melansir Los Angeles Times, berikut informasinya.

Baca Juga:

Sudah Tahu Diet Telur Rebus?

Kompos

cakang
Cakang telur dapat menambah kandungan kalsium. (Foto: Pexels/Anna Shvets)


Ahli kebun asal Amerika Serikat, Yvonne Savio menjelaskan bahwa cangkang telur sangat bermanfaat untuk membuat kompos. Cangkang telur pun juga bisa menambah dosis kalsium yang tinggi dan baik bagi tanaman.
Awalnya kamu harus pastikan terlebih dahulu kalau cangkang telur sudah kering sebelum dicampur dengan kompos. Tujuannya agar tidak menarik hama dan makhluk lain yang dapat merusakan tanaman.

Menurut Savio, cangkang telur dapat dimanfaatkan sebagai pupuk untuk mencegah pembusukan bagian ujung bunga pada tanaman tomat, paprika dan terong. Tanaman pun juga menyerap kalsium dari cangkang telur sehingga dapat tumbuh dengan subur. Kemudian kamu dapat menaburkan pecahan cangkang telur pada bagian bawah tanaman setiap dua minggu sekali agar pertumbuhannya lebih maksimal.

Pot bibit

cakang
Bersihkan terlebih dahulu sebelum digunakan. (Foto: Unsplash/Stoica Ionela)


Yang terakhir, kamu dapat berkreasi dengan menjadikan cangkang telur sebagai pot bibit. Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu bahwa cangkang telur sudah dibersihkan dan sudah kering sebelum digunakan. Kemudian, potong cangkang telur menjadi dua bagian, lalu isi sedikit tanah pada cangkang telur. Jika sudah, kamu dapat masukkan bibit tersebut lalu disiram.

Baca Juga:

Bangun Otot Lebih Cepat? Jangan Hanya Makan Putih Telur Saja!

Mengusir hama

cakang
Cangkang telur dapat mencegah datangnya hama. (Foto: Unsplash/fotografierende)


Pecahan dari cangkang telur tersebut juga dapat kamu gunakan sebagai pengusir hama tertentu seperti siput serta cacing. Jika tanaman kamu dihinggapi oleh hama, kamu dapat langsung sebarkan cangkang telur di sekitar tanamanmu.

Savio menjelaskan bahwa cangkang telur yang keras dan kasar sangat berpengaruh untuk mengusir seluruh hewan yang berbadan lunak tersebut. Seperti siput dan cacing menjauh dari tanaman dan mencari tempat lain yang dianggap lebih nyaman. (scp)

Baca Juga:

Cuma Ada Telur? Tenang, 3 Resep Kekinian Ini Bisa Dicoba di Rumah

#Telur #Gaya Hidup
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan