Manfaat Bawang Hitam Bagi Kesehatan

P Suryo RP Suryo R - Minggu, 20 September 2020
Manfaat Bawang Hitam Bagi Kesehatan
Bawang hitam kaya akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.. (Foto: Pixabay_/ch1310)

BAWANG putih dikenal memiliki khasiatnya untuk menyembuhan berbagai penyakit. Namun, lain halnya dengan bawang hitam yang belum dikenal orang banyak. Bawang hitam merupakan bawang putih yang sudah melalui proses fermentasi. Dari segi nutrisi, bawang hitam memiliki kandungan allicin dan kaya akan asam amino seperti bawang putih pada umumnya. Perbedaannya terletak pada kadar asam amino dan antioksidan dalam bawang hitam yang lebih tinggi dari bawang putih.

Melansir dari selfhacked.com, proses fermentasi pada bawang hitam membuat senyawa tambahan bernama S-Allycysteine atau SAC aktif sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Senyawa ini juga berperan dalam membantu penyerapan zat allicin sehingga bawang hitam disebut-sebut jauh lebih efektif jika dibandingkan dengan bawang putih. Apa saja ya manfaatnya?

Baca Juga:

Bagaimana Bawang Putih Bekerja di Tubuh?


1. Meningkatkan imun tubuh

bawang
Menjaga sistem imun tubuh. (Foto: Unsplash/Mladen Borisov)

Bawang hitam merupakan obat anti-inflamasi alami karena tidak mengandung zat kimia. Rutin mengkonsumsi bawang hitam akan memicu pertumbuhan sel darah putih yang berperan memerangi berbagai penyakit di dalam tubuh.

2. Mencegah penuaan dini

bawang
Membuat kulit terlihat awet muda. (Foto: Pexels/Nguyen Xuan Trung)

Tidak perlu jauh-jauh lagi mencari produk yang tinggi antioksidan. Cukup konsumsi bawang hitam secara rutin agar kesehatan kulit tetap terjaga dan selalu terlihat awet muda. Selain itu, senyawa antioksidan juga berperan aktif dalam menghambat pembentukan sel-sel radikal pemicu kanker.

Baca Juga:

Segudang Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan dari Mengonsumsi Bawang Putih

3. Mencegah obesitas

bawang
Membantu program diet. (Foto: Unsplash/i yunmai)

Bawang hitam secara signifikan mampu memecah lemak jahat di dalam tubuh. Konsumsi bawang hitam selama masa diet tidak akan memberikan efek samping karena tergolong produk alami. Ingat! Untuk mengurangi berat badan diperlukan juga kalori defisit serta olahraga secara rutin. Konsumsi bawang hitam hanya sebagai penunjang tambahan untuk membantu program diet.

4. Kesehatan jantung

bawang
Mengurangi risiko penyakit jantung. (Foto: Unsplash/Robina Weermeijer)

Bawang hitam mampu menurunkan kadar kolesterol sekaligus menjaga kesehatan jantung. Jika dibandingkan dengan bawang putih, bawang hitam memiliki kandungan polifenol yang jauh lebih tinggi sehingga lebih efektif dalam menjaga organ jantung dari berbagai kerusakan. (mar)

Baca Juga:

Cara Kilat Turunkan Kolesterol: Makan Bawang Putih

#Kesehatan #Bawang Merah #Bawang Putih
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan