Manfaat Asam Malat untuk Tubuh Buah memiliki asam malat (Foto: Pixabay/Free-Photos)

ASAM malat adalah senyawa yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran tertentu. Senyawa ini bertanggung jawab atas rasa pahit atau asam dari buah-buahan dan sayuran. Tapi asam malat juga bisa diproduksi di tubuh kita ketika karbohidrat dikonversi menjadi energi.

Bentuk alami dari senyawa organik disebut asam L-malat, dan yang disintesis di laboratorium disebut asam D-malat. Suplemen asam malat biasanya tersedia dalam bentuk kapsul atau tablet dan kadang-kadang dikombinasikan dengan nutrisi lain seperti magnesium.

Baca juga:

Manfaat Baik Bawang Merah bagi Tubuh

Asam malat membantu dalam produksi energi yang dibutuhkan oleh tubuh agar berfungsi secara normal. Asam malat juga digunakan sebagai zat tambahan makanan untuk menambah rasa asam pada makanan dan minuman. Nah, dilansir dari Boldsky, berikut ini manfaat asam malat untuk tubuh.

1. Mengobati fibromyalgia

Mengobati fibromyalgia (Foto: Pixabay/madartzgraphics)
Mengobati fibromyalgia (Foto: Pixabay/madartzgraphics)

Salah satu manfaat utama asam malat adalah dapat membantu mengelola rasa sakit yang terkait dengan fibromyalgia. Menurut penelitian, asam malat ketika dikombinasikan dengan magnesium telah membantu mengurangi rasa sakit karena fibromyalgia. Penyakit ini adalah rasa nyeri dan sensitif pada otot.

2. Meningkatkan kesehatan mulut

Meningkatkan kesehatan mulut (Foto: Pixabay/RobinHiggins)
CaMeningkatkan kesehatan mulut (Foto: Pixabay/RobinHiggins)ption

Menurut berbagai penelitian, asam malat telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan mulut seseorang. Asam malat dapat meningkatkan produksi air liur pada xerostomia atau mulut kering. Selain itu asam malat juga bisa mengurangi kadar bakteri berbahaya di mulut serta bertindak sebagai detoksifikasi oral.

Baca juga:

Tips Simpel untuk Liburan Bebas Maag

3. Meningkatkan kesehatan hati

Meningkatkan kesehatan hati (Foto: Pixabay/www_slon_pics)
Meningkatkan kesehatan hati (Foto: Pixabay/www_slon_pics)

Asam malat bermanfaat bagi kesehatan hati karena sifatnya yang mengikat racun. Senyawa organik mengikat logam beracun yang terakumulasi di hati dan berdifusi sehingga melindungi hati. Hal ini juga bermanfaat dalam menghilangkan batu empedu karena mempromosikan ekskresi batu dengan mudah melalui urin.

4. Membantu penurunan berat badan

Membantu menurunkan berat badan (Foto: Pixabay/mojzagrebinfo)
Membantu menurunkan berat badan (Foto: Pixabay/mojzagrebinfo)

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asam malat dapat membantu memecah lemak dalam tubuh. Konsumsi senyawa organik yang teratur dan terkontrol dalam bentuk suplemen dapat membantu otot-otot berfungsi sedemikian rupa sehingga memecah lemak.

Baca juga:

Denyut Jantung Cepat atau Lambat yang Berbahaya?


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH