Mandi Segera Jika Berkeringat Usai Berolahraga Berkeringat (Foto: Pixabay/janeb13)

SAAT berolahraga, produksi keringat akan semakin meningkat. Keringat menunjukan kamu telah melewati sesi pemanasan dan sedang dalam latihan yang intens. Proses tersebut berguna untuk menyesuaikan tubuh serta mengirimkan sinyal tentang hidrasi yang dibutuhkan tubuh untuk pulih.

Selain itu, berkeringat adalah cara alami untuk pengelupasan kulit dan perawatan kulit kering serta kondisi kulit lainnya. Berkeringat juga menghilangkan minyak dan kotoran serta mendetoksifikasi tubuh.

Baca juga:

Mengenakan Masker saat Berolahraga, ini Tipsnya

Keringat bisa menyebabkan ruam (Foto: Pixabay/un-perfekt)
Keringat bisa menyebabkan ruam (Foto: Pixabay/un-perfekt)

"Keringat mengandung alternatif alami untuk antibiotik yang disebut peptida antimikroba, dipompa ke kulit melalui kelenjar keringat dan melapisi kulit, dengan demikian memberikan perlindungan terhadap infeksi dari mikroba lain dan kuman berbahaya," ucap ahli kulit bersertifikat yang berbasis di New York, Dr. Whitney Bowe seperti dilansir Medical Daily, Jumat (12/6).

Sayangnya, berkeringat bisa berdampak buruk jika membiarkannya terlalu lama. Bowe menjelaskan jika keringat mampu membuat iritasi kulit. Oleh karenanya, untuk mendapatkan hasil dari proses berkeringat, ia menyarankan untuk langsung mandi segera dan berganti pakaian.

Baca juga:

Tetap Sehat di New Normal dengan Makan Gizi Seimbang

"Secara khusus, amonia dan urea dalam keringat dapat menyebabkan iritasi dan peradangan jika dibiarkan terlalu lama di kulit. Natrium dalam keringat dapat menyebabkan dehidrasi kulit jika dibiarkan terlalu lama di permukaan, dan penguapan keringat dari kulit dapat memperburuk orang yang rentan terhadap eksim," tuturnya.

Mandi segera usai berolahraga (Foto: Pixabay/janeb13)
Mandi segera usai berolahraga (Foto: Pixabay/janeb13)

Hal yang sama juga diucapkan oleh spesialis dermatopatologi di UCHealth University of Colorado Hospital, Whitney High. Ia mengungkapkan jika masalah jamur bisa saja muncul akibat jenis kulit. Tak mengganti pakaian segera juga membuat keringat dan bakteri terperangkap dalam kain sehingga bisa mengiritasi kulit.

Keringat pada lipatan kulit juga bisa menimbulkan masalah. Faktor perubahan suhu ke cuaca panas mampu menghasilkan ruam panas sebagai akibat saluran tersumbat dan keringat tak bisa menguap.

Lantas bagaimana cara melindungi kulit dari keringat? Seperti yang dijelaskan, mandi segera usai berolahraga adalah cara terbaik. Para ahli juga menyarankan untuk emnggunakan sabun dan sampo antibakteri untuk membersihkan kulit dari keringat.

"Sampo dengan bahan aktif seng pyrithione sangat efektif mengendalikan pertumbuhan vektor dan bakteri pada kulit, dan dapat digunakan sebagai pembersih tubuh," tutur profesor dermatologi di UT Southwestern Medical Center, Heather Goff. (Yni)

Baca juga:

Diduga Bisa Memicu Kanker, Chanel Hentikan Produksi Kosmetik Berbahan Talk


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH