Mandi Pagi Mendorong Kesehatan Jiwa Mandi pagi dengan air dingin menyingkirkan gangguan jiwa. (Foto: pinterest)

BADAN Kesehatan Dunia (WHO) mencatat sekitar 350 juta orang di seluruh dunia mengalami gangguan emosi, depresi dan kecemasan. Hal ini tidak hanya mengganggu kualitas hidup pengidapnya, melainkan juga orang-orang di sekitarnya.

Tanpa mengesampingkan tindakan medis dan terapi, memperoleh kesehatan jiwa sebenarnya sangat mudah. Harus ada perubahan gaya hidup, mengonsumsi makanan sehat, beristirahat, mengontrol stres dan memiliki kehiduoan sosial yang sehat dan baik.

Ada langkah lebih mudah mendapatkan kesehatan mental ini, adalah dengan mandi pagi.

Survei yang dimuat di laman lifehack pada perempuan dan mandi di pagi hari, menyebutkan bahwa mereka merasa lebih positif sepanjang hari. Seperti merasa lebih menarik dan santai.

Meskipun survei ini belum bersifat ilmiah, namun sudah menarik perhatian orang banyak. Namun ada penjelasan tentang mandi di pagi hari.

Penelitian yang dilakukan oleh Virginia Commonwealth University School of Medicine mengungkapkan mandi pagi dengan air dingin dapat mengubah kadar kimia pada otak. Ini membuat seseorang menjadi energik dan lebih fokus.

Salah satu bagian yang tersulit dari depresi adalah kelelahan yang dapat dengan mudah disingkirkan dengan mandi air dingin di pagi hari. Mandi di pagi hari membantu menurunkan melantonin dari tubuh dan mendorong energi melonjak.

Pun dapat membantu meningkatkan aliran dan sirkulasi darah yang tentunya menaikan kadar oksigen ke otak, alhasil akan membantu kesehatan kejiwaan. Dan ternyata air dingin yang menerpa kulit memiliki tingkatan yang sama dengan secangkir kopi di pagi hari.

Mandi pagi dengan air dingin dapat pula membantu menurunkan bobot badan. Ketika badan terkena air dingin yang menstimulasi metabolisme badan dan memudahkan membakar lemak. (psr)

Kredit : paksi


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH