Mandi Air Dingin, Sejuk dan Menyegarkan Mandi dengan air dingin membuat badan lebih sehat. (Foto: huffingtonpost)

MANDI dengan air dingin bagi sebagian orang sangat dihindari. Mereka lebih menyukai mandi dengan air hangat. Alasan yang utama tidak mandi dengan air dingin adalah membuat badan menggigil.
Padahal mandi air dingin banyak manfaatnya.

Meskipun banyak manfaatnya ada beberapa orang yang memang tidak diperbolehkan mandi dengan air dingin. Lansia adalah orang yang tidak boleh mandi dengan air dingin. Juga mereka yang memiliki kondisi jantung yang tidak baik. Sensasi dingin yang menyentak dikhawatirkan akan berakibat fatal, seperti serangan jantung.

Namun bagi yang memiliki tubuh sehat dan masih muda sebaiknya mandi dengan air dingin. Manfaat yang diberikan sangat banyak. Mandi dengan air dingin bukan sekedar memberikan kesegaran, manfaat lainnya mungkin tak terpikirkan sebelumnya.


Sirkulasi Darah

Mandi dengan air dingin memberikan sisi positif pada tubuh. Air dingin yang menerpa kulit segara mengirimkan sinyal ke paru-paru untuk mendapatkan oksigen segaera dan dalam jumlah banyak. Makanya kemudian seseorang akan menghirup nafas dalam-dalam. Kemudian detak jantung meningkat dan memompakan darah ke seluruh tubuh. Membuat sirkulasi darah menjadi lancar. Tubuh pun menjadi terbangun karena energi yang merasuki tubuh. Tak hanya itu tubuh memproduksi hormon norepinefrin yakni adrenalin yang membuat pikiran menyalakan motornya.

air dingin
Air dingin membuat pria menjadi subur. (Foto: Dailymail)


Kulit dan Rambut Lebih Sehat

Minus mandi air panas adalah kulit menjadi kering karena kehilangan kelembaban. Manfaat air dingin pada kulit membuat pori-pori kulit menjadi kencang. Tentunya dengan demikian mencegah debu dan kotoran masuk dan mengendap pada kulit. Karena sifatnya tidak menghilangkan kelembaban, makanya air dingin mampu membuat rambut pun tetap lembab. Alhasil rambut menjadi lebih kuat karena pori-pori yang mengencang. Rambut menjadi lebih bercahaya.


Imun

Ternyata jumlah sel darah putih akan meningkat bila kita mandi dengan air dingin. Kemudian juga membuat sistem kekebalan tubuh juga meningkat termasuk metabolisme. Karena sirkulasi darah yang lancar itu dapat menurunkan tekanan darah dan membuang sumbatan pada saluran darah. Bahkan ada studi yang menemukan bahwa asam urat dapat diturunkan kadarnya pula.

Hormon Testosteron dan Kesuburan

Suhu panas ternyata dapat mempengaruhi DNA, RNA dan protein sistesis pada pria. Ini berlaku juga pada suhu hangat. Bahkan terpapar suhu hangat 15 menit saja dapat menurunkan kadar testosterone. Dengan demikian berarti mandi dengan air dingin dapat menaikan tingkat kesuburan pria. Jadi jika ingin membatasi jumlah anak, ada baiknya seorang pria mandi dengan air hangat selama 30 menit selama 3 minggu, hasilnya selama 6 bulan pria tidak akan subur.

air dingin
Air dingin membuat kulit menjadi sehat. (Foto: hindustantimes)

Membantu Diet

Bagi kamu yang memiliki kelebihan berat badan, sebaiknya mandi dengan air dingin. Lemak di dalam tubuh akan terbakar seiring dengan suhu dingin yang menerpa tubuh, sehingga tubuh akan tetap hangat. Rajin mandi dengan air dingin selama setahun maka kamu akan kehilangan bobot sejumlah 5 kilogram

Manfaat Lainnya


Bila kamu merasakan nyeri otot seperti olahraga berat, mandi air dingin akan membuat otot menjadi lebih nyaman. Manfaat berikutnya adalah mampu memberikan efek menenangkan terhadap tekanan mental seperti stres dan depresi. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH