Mandalika di Lombok Tengah Siap Jadi Wisata Halal Terbaik Dunia Mandalika di Lombok Tengah digadang-gadang sebagai lokasi wisata halal terbaik di dunia (foto: tripadvisor/JohanKinoshita)

DITARGETKAN untuk menjadi tempat wisata Internasional pada tahun 2019, KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Mandalika, Lombok Tengah, baru diresmikan Oktober 2017 oleh Presiden Joko Widodo. Kawasan itu merupakan daerah dataran rendah yang semikering dengan dataran memanjang yang membentuk pantai.

Meskipun hanya sedikit pantai yang berpasir, ombak lautan di Mandalika sangat cocok untuk berbagai olahraga air, termasuk selancar.

Dinominasikan sebagai World’s Best Halal Tourism and Cruise Destination pada event yang diadakan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, wilayah Mandalika memang diarahkan untuk bisa menjadi tempat wisata terbaik bagi umat muslim. Hal itu mengingat 93% populasi Lombok merupakan muslim.

Berikut tiga lokasi wisata terbaik Mandalika yang tidak boleh kamu lewatkan saat mengunjungi Lombok.

1. Pantai Seger

Mandalika di Lombok Tengah Siap Jadi Wisata Halal Terbaik Dunia
Pantai Seger di Mandalika, Lombok (Foto: wanderersandwarriors.com)

Pantai Seger dikelilingi dengan perbukitan yang indah dan ombak yang cocok untuk berselancar. Untuk mendapatkan pemandangan dengan sudut pandang yang berbeda kamu bisa menikmati biru dan jernihnya laut di Mandalika ini dengan memanjat bukit.

2. Pantai Serenting

Mandalika di Lombok Tengah Siap Jadi Wisata Halal Terbaik Dunia
Tengkong, Ikon pantai Serenting (Foto: WisataLombokSumbawa.com)

Belum banyak diketahui, pantai berpasir putih dengan tekstur yang lembut ini terletak 51 Km dari Mataram dengan menempuh waktu selama 1-1,5 jam dari kota.

Ombaknya yang besar dapat menjadi sarana bagi para peselancar yang ingin berlatih. Pantai Serenting ini juga menjadi spot terbaik untuk berjemur karena masih sepi pengunjung.

Di tempat ini kita bisa menyaksikan Tengkong, sejenis jamur yang berlokasi di tengah lautan yang menjadi ikon dari pantai Serenting.

Selain itu, ada juga acara tradisional Bau Nyale, yaitu acara menangkap cacing laut untuk mengenal legenda lokal Putri Mandalika.

3. Pantai Tanjung Aan

Mandalika di Lombok Tengah Siap Jadi Wisata Halal Terbaik Dunia
Tempat kelahiran Putri Mandalika (Foto: mandalika.indonesia-tourism.com)

Pantai Tanjung Aan merupakan tempat kelahiran Putri Mandalika, legenda dari wilayah Mandalika.Pantai ini berhadapan dengan samudera Hindia.

Pantai Tanjung Aan memiliki pasir dengan butiran yang agak besar, maka dari itu orang-orang sering menyebutnya dengan pasir lada.

Bagi kamu ingin bermain olahraga air seperti snorkeling, maka pantai ini pas banget jadi pilihanmu karena ombaknya cukup tenang dan dangkal. (shn)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH