Manajer Esports Bangga Perjuangan Tim Mobile Legends Indonesia Raih Perak

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Jumat, 20 Mei 2022
Manajer Esports Bangga Perjuangan Tim Mobile Legends Indonesia Raih Perak
Tim esport Indonesia berjuang sampai akhir mempersembahkan medali perak nomor team Mobile Legends SEA Games 2021 Vietnam, Jumat (20/5). (NOC Indonesia/MP Media/Louis Figo)

MerahPutih.com - Perjuangan Timnas Mobile Legends Bang Bang (MLBB) Indonesia pada laga final SEA Games 2021 terganggu masalah teknis dalam laga pamungkas yang memakai sistem best of five.

Partai final yang berlangsung di Vietnam National Convention Center, Jumat (20/5) itu, Filipina berhasil merebut emas, dengan skor akhir menang 3-1.

Baca juga:

Tim Esports Indonesia Booyah! di Game Pertama Free Fire SEA Games 2021 Vietnam

Dari empat gim yang dimainkan, Indonesia selalu menurunkan line up yang sama. Mereka adalah Albert Neilsen Iskandar, Calvin Winata, Gilang, Rifaldi Fatah, dan Calvin.

Kedua tim saling mengalahkan pada dua gim pembuka. Namun Filipina kemudian tak terbendung dan menyapu bersih dua gim berikutnya.

Meski begitu, kekalahan Indonesia diwarnai kontroversi. Tim Filipina dianggap melakukan pelanggaran teknis karena terlalu banyak meminta pause.

Timnas Indonesia saat bertanding di laga final SEA Games Mobile Legends Bang Bang! Tim esports Indonesia berjuang sampai akhir dan mempersembahkan medali perak nomor team Mobile Legends SEA Games 2021 Vietnam di Hanoi National Conventional Center, Jumat (20/5). (NOC Indonesia/MP Media/Louis Figo)

Tim Indonesia kemudian mengajukan protes resmi kepada panitia penyelenggara. Hal ini sempat membuat prosesi penyerahan medali tertunda sekitar 2 jam.

"Dalam pelaksanaan final Mobile Legend, kita menemukan di game-game terakhir ada kejanggalan yaitu banyaknya (permintaan) pause. Padahal ada di technical hand book aturannya hanya lima yang boleh," kata manajer Timnas Esport Indonesia, Tjahjono Prasetyanto.

"Kita sudah ajukan banding terkait pause tersebut apakah sengaja atau tidak, tetapi panitia hanya mengatakan tuduhan itu tidak terbukti."

Baca Juga:

Indonesia Sumbang Medali Perak di Final SEA Games Esports Mobile Legends

Bukan tanpa alasan Timnas Indonesia mengajukan protes. Banyaknya pause yang diminta Filipina membuat mood para pemain Indonesia tidak stabil, sehingga beberapa gim berakhir dengan waktu relatif cepat.

"Kita tetap perjuangkan dan sampaikan ke pak CdM terkait masalah ini. Kita akan coba susun secara resmi informasi terkait insiden ini," tutur Tjahjono.

"Kita tetap bangga sama atlet kita. Mereka sudah secara sportivitas mencoba untuk bertanding," tutup Manajer Timnas Esport Indonesia itu.

Laporan Langsung Taufik Hidayat dari Vietnam

Baca juga:

Mengenal Hanoi Sao La, Maskot SEA Games 2021

#Sea Games 2021
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan