Manado Kota Paling Toleran Se-Indonesia Konferensi pers terkait IKT 2017 di Bakoel Coffee, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (16/11). (MP/Fadhli)

MerahPutih.com - Manado meraih predikat kota paling toleran versi SETARA Institute dalam penelitian yang digelar akhir tahun 2017.

Selain Manado, sejumlah kota memperoleh predikat yang sama yaitu, Pematangsiantar, Salatiga, Singkawang dan Kota Tual.

Peneliti SETARA Institute Halili mengatakan, berdasarkan indikator penetapan IKT 2017, terpilihlah lima kota di atas.

Adapun indikator tersebut adalah regulasi pemerintah kota, RPJMD kota, tindakan pemerintah, pernyataan pemerintah, tindakan peristiwa, regulasi sosial, pelanggaran, dan demografi beragama.

"Manado, Pematangsiantar, Salatiga, Singkawang, dan Tual memperoleh skor tertinggi 5,90," kata Halili saat rilis IKT 2017 di Bakoel Coffee, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (16/11).

Kondisi kota yang heterogen, kata Halili, menjadi faktor penting pengembangan sikap toleran di sejumlah kota.

Hal ini juga yang terjadi di kota dengan skor tertinggi. Begitu juga dengan kebijakan pemerintah kota yang menekankan pada sikap kebangsaan, antidiskriminatif dan menghargai keberagaman.

"Biasanya, kota itu heterogen, berbagai macam suku dan agama tinggal di sana, untuk menjamin kebebasan beragama ada regulasi pemerintah kota yang mengatur," ujarnya.

Sehingga, dengan adanya aturan yang tidak diskriminatif, kondisi kota lebih nyaman dan saling menghargai.

Dengan adanya penelitian ini, lanjut Halili, kota-kota yang heterogen dapat mencontoh perilaku toleran dari kota dengan peringkat teratas.

"Kita berharap ini menjadi contoh, sehingga menjadi pemicu bagi kota lainnya untuk turut bergegas mengikuti," ucap dia. (Fdi)

Baca juga berita lainnya terkait Manado dalam artikel: Datang ke Manado untuk FFI 2017, Paramita Rusady Malah Nostalgia

Kredit : fadhli

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH