Mana yang Lebih Sehat, Air Dingin atau Hangat? Air Dingin vs air hangat, mana yang lebih sehat? (Foto Unsplash/Christopher Cambell)

60% dari tubuh manusia adalah air. Dilansir dari H.H. Mitchell pada Journal of Biological Chemistry 158, otak dan jantung kita mengandung 73% air dan 83% dari paru-paru kita adalah air. Kulit manusia mengandung 64% air dan 79% dari otot dan ginjal juga merupakan air. Bahkan, 31% tulang di tubuh kita pun adalah air.

Tanpa air, sangatlah mustahil bagi manusia untuk bisa bertahan hidup. Menurut Mayo Clinic, setiap manusia membutuhkan setidaknya tiga liter air per hari untuk menjaga kebugaran tubuh.

Air dingin memang nikmat untuk disantap, namun tidak sehat untuk tubuh. (Foto unsplash/KOBU Agency)
Air dingin memang nikmat untuk disantap, namun tidak sehat untuk tubuh. (Foto unsplash/KOBU Agency)

Asupan air putih juga bisa membantu menurunkan berat badan. Air putih tidak mengandung kalori sama sekali sehingga membantu tubuh untuk membakar kalori dan mampu menahan napsu makan.

BACA JUGA:

Masih Bisa Langsing, 3 Langkah Sukses Diet untuk Usia 40 Tahun

Orang-orang pasti memiliki preferensi sendiri dalam meminum air putih. Sebagian dari mereka menyukai air putih dingin yang mampu melepas dahaga, ada juga yang lebih memilih air putih hangat atau panas yang bisa menghangatkan tubuh. Meski begitu, ternyata ada beberapa pengaruh dari temperatur air putih bagi tubuh manusia.

Air putih dan minuman dingin mampu memadatkan lemak di aliran darah. (Foto Unsplash/Gabriel Gurrola)
Air putih dan minuman dingin mampu memadatkan lemak di aliran darah. (Foto Unsplash/Gabriel Gurrola)

Dilansir dari Times of India, minum air putih dingin memang menyegarkan, apalagi bagi orang Indonesia yang tinggal di negara beriklim tropis. Meski begitu, ada beberapa kerugian jika selalu mengonsumsi air putih dingin. Air putih dingin atau minuman dingin lainnya mampu memadatkan lemak di aliran darah dan membuatnya sulit untuk menyerap nutrisi.

Jangan minum air dingin sambil makan. (Foto Unsplash/Ali Inay)
Jangan minum air dingin sambil makan. (Foto Unsplash/Ali Inay)

Selain itu, air putih dingin juga bukan merupakan teman yang pas untuk menemani hidangan lezatmu setiap hari. Meminum air putih dingin sambil menyantap makanan mampu menghambat proses pencernaan. Ini disebabkan karena tubuh kita harus mendapatkan tugas tambahan untuk mengatur suhu air.

Air putih dingin juga bisa menyebabkan sakit tenggorokan karena tubuh kita terkadang menghasilkan lendir berlebih ketika bersentuhan dengan air dingin.

Minuman hangat sebelum tidur juga bisa membuatmu tidur dengan nyama.  (Foto unsplash/Toa Heftiba)
Minuman hangat sebelum tidur juga bisa membuatmu tidur dengan nyama. (Foto unsplash/Toa Heftiba)

Maka dari itu, kita dianjurkan untuk minum air putih hangat yang mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Jika kamu meminum segelas air putih hangat sebelum makan, sistem pencernaan dan metabolisme kamu akan mampu bekerja lebih cepat. Air putih hangat juga bisa membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh jika dikonsumsi sebelum sarapan pagi.

Air putih hangat juga bisa membantu mengatur pergerakan usus. Jika dikonsumsi setiap pagi, kemungkinan besar kamu tidak akan mengalami sembelit sepanjang hari. Walau terdengar aneh, air putih hangat juga bisa memperbaiki suasana hati dan membuatmu menjadi lebih ramah. (SHN)

BACA JUGA:

Percobaan Bunuh Diri Membuat Elton John Menghasilkan Hits Sukses

Kredit : shenna


shenna

LAINNYA DARI MERAH PUTIH