Mana yang Lebih Menguntungkan, Bangun Kos-Kosan atau Kontrakan di Jakarta? Ilustrasi kontrakan dan kos-kosan. Foto: net

MEMBANGUN kos-kosan di Jakarta bisa menjadi pilihan investasi yang menggiurkan untuk jangka panjang. Selain tempat kost, bisnis kontrakan di Jakarta juga memiliki prospek jangka panjang yang cukup menjanjikan.

Tapi, jika dibandingkan antara mengelola kos-kosan dengan kontrakan di Jakarta? Kira-kira dari keduanya lebih menguntungkan yang mana? Apakah lebih menguntungkan mengelola tempat kost, ataukah malah sebaliknya, bisnis kontrakan di Jakarta ternyata lebih menjanjikan.

Di kota besar semacam Jakarta, membangun bisnis kos-kosan atau kontrakan merupakan pilihan yang sangat tepat. Coba Anda banyangkan, berapa ribu orang yang datang setiap tahunnya ke Jakarta. Dan, pastinya kesemuanya butuh tempat tinggal.

rumah kontrakan
Rumah kontrakan. Foto: ist

Peluang semacam ini tentu saja jangan sampai untuk dilewatkan begitu saja. Meskipun saat ini posisi Anda adalah sebagai pekerja kantoran sekalipun. Dengan memiliki usaha sampingan seperti ini, dijamin bisa menjadi tambahan penghasilan atau bahkan hasilnya bisa lebih besar dari gaji Anda di kantor.

Membangun Kos-kosan atau Kontrakan

Namun, sebelum Anda memutuskan pilihan mana yang tepat diantara membangun tempat kost Jakarta atau kontrakan, terlebih dahulu ketahui kelebihan serta kekurangan dari bisnis kost dan juga kontrakan itu sendiri.

rumah kontrakan
Rumah kontrakan. Foto: Net

Jika dilihat dari yang membutuhkan, sudah pasti di Jakarta banyak yang butuh kos-kosan maupun kontrakan. Tetapi sebenarnya seperti apa perbandingannya? Prospeknya lebih bagus mana antara kost dan kontrakan? Berikut ini adalah analisa lengkapnya.

Kelebihan Investasi Kos-kosan

Pada saat Anda ingin membangun sebuah tempat kost, tentunya sebelumnya harus mempersiapkan beberapa hal mulai dari budget, lokasi, tarif, target, dan lain sebagainya.

Misalnya saja Anda harus memilih lokasi yang mudah dijangkau serta dimanakah pangsa pasar yang ingin Anda bidik. Ketika yang menjadi pangsa pasar Anda adalah pekerja pabrik, sudah pasti lokasi kost yang harus Anda bangun dekat dengan pusat industri di Jakarta.

Namun terlepas dari semua itu, berikut ini adalah beberapa kelebihan jika Anda memilih kos-kosan sebagai bisnis Anda, diantaranya adalah:

1. Permintaan akan kost cukup tinggi

Mengapa bisa seperti itu? Bayangkan saja, berapa banyak setiap tahunnya masyarakat dari berbagai penjuru Indonesia yang berbondong-bondong ingin mengadu nasibnya di Ibu Kota.

Tapi untuk mencapai hal seperti ini, tidak semuanya serba instan. Dalam hal ini dibutuhan usaha dan trik bagaiaman caranya agar supaya tempat kost yang Anda kelola selalu ramai oleh para penyewa.

Salah satu triknya adalah membangun tempat kost di sekitar pusat industri, area perkantoran, dan kampus. Dengan demikian, para penyewa akan lebih tertarik dikarenakan rata-rata mereka ini lebih memilih tempat kost yang dekat dengan aktivitas kesehariannya.

2. Memberikan penghasilan rutin dan juga jangka panjang

Dengan memiliki tempat kos-kosan seperti ini, sudah pasti Anda akan mendapatkan penghasilan rutin. Bagaimana tidak, dengan peraturan setiap menyewa harus membayar per bulan atau per tahun sekali maka Anda bisa memperoleh penghasilan rutin dari para penyewa kamar.

3. Pengelolaannya relatif lebih mudah

Dalam hal ini, Anda tidak perlu setiap hari membersihkan ataupun merawat tempat kost yang Anda kelola. Sebenarnya ada banyak cara supaya tempat kost tetap terjaga pengelolaannya tanpa Anda harus turun tangan sendiri.

Misalnya saja Anda bisa mempekerjakan orang lain yang bisa dipercaya untuk mengelola kos-kosan tersebut. Tetapi untuk urusan keungan, sebaiknya Anda sendirilah yang harus turun tangan.

4. Peluang membuka usaha yang lain

Ketika Anda memilih mengelola kos-kosan, Anda masih memiliki kesempatan untuk membuka usaha lain yang disediakan di tempat kost tersebut untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Misalnya saja membuka laundry, warung kelontong, warung makanan, dan lain sebagainya.

Kekurangan Membangun Tempat Kost

Tetapi selain memiliki banyak keunggulan, bisnis kost ternyata juga ada sisi kekurangannya, diantaranya seperti:

1. Sebagai pemilik kost, Anda harus menyediakan waktu khsusus guna memanage tempat kost yang Anda kelola ini. Mulai dari pembayaran, perbaikan jika ada kerusakan, dan yang paling penting Anda jangan sampai kalah dengan para penyewa kamar yang susah untuk membayar uang sewa.

2. Anda dituntut untuk telaten pada saat jatuh tempo pembayaran kost. Apalagi seperti di Jakarta, rata-rata para pengelola kost menggunakan harga sewa bulanan sehingga mau tidak mau Anda harus rutin menarik uang sewa setiap bulannya. Tapi jangan sampai lupa untuk selalu memantau listrik, air, dan kebersihan setiap saat.

Kelebihan Membangun Kontrakan

Tetapi jika Anda lebih memilih untuk berbisnis kontrakan, berikut ini adalah beberapa keunggulan bisnis kontrakan di Jakarta:

1. Membangun kontrakan secara market lebih besar jika dibandingkan dengan membangun tempat kos-kosan. Selain itu, para pendatang rata-rata lebih memilih untuk mengontrak dibandingkan dengan kos.

2. Umumnya harga sewa rumah kontrakan setiap tahunnya bisa naik signifikan. Terlebih lagi di kota besar seperti halnya di Jakarta. Maka dari itu, sudah pasti uang yang akan Anda terima setiap tahunnya akan bertambah. Terlebih lagi ketika rumah kontrakan yang Anda bangun lebih dari satu.

3. Rata-rata pembayaran sewa untuk rumah kontrakan akan dibayar di muka. Jadi, mengontrol tagihan juga akan lebih ringan jika dibandingkan ketika Anda mengelola tempat kosan. Belum lagi ketika ada penyewa yang kurang bertanggungjawab dan selalu menunda pembayaran.

Kekurangan Berbisnis Kontrakan

Meskupun banyak sekali keunggulan ketika membangun bisnis kontrakan di kota besar seperti halnya Jakarta, ada juga beberapa kekurangan, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Jika para penyewa kurang memiliki tanggungjawab, resiko rumah kontrakan rusak sangatlah bersar. Dan ketika ada bagian dari rumah yang rusak, tentu saja Anda sendirilah yang harus menanggung akibatnya.

2. Umumnya harus menyediakan dana yang cukup besar untuk perawatan setelah masa kontraknya selesai. Jika tidak, besar kemungkinan para penyewa baru kurang tertarik dengan rumah kontrakan yang Anda kelola.

3. Membangun kontrakan sudah pasti membutuhkan biaya yang lebih besar jika dibandingkan dengan membangun kos-kosan.

Meskipun keduanya masing-masing memiliki banyak keunggulan dan kekurangan, tapi jika dilihat prospeknya lebih menguntungkan bisnis kos-kosan. Apalagi jika tempat kost yang Anda kelola memiliki kamar banyak, tentu saja penyewanya juga akan lebih banyak dan pemasukan pun akan lebih banyak pula.

kos kosan
Kos-kosan. Foto: Ist

Meskipun demikian, keputusan tetap ada di tangan Anda. Kelebihan dan kekurangan masing-masing antara tempat kost dan kontrakan sekarang sudah Anda ketahui. Yang paling realistis sebenarnya adalah semuanya dikembalikan ke kebutuhan serta budget serta kemampuan Anda.

Selain itu, membangun kos-kosan ataupun kontrakan di Jakarta memang membutuhkan mental yang kuat. Ketika Anda sudah menentukan pilihan, sebaiknya mulailah dengan menyicil hal apa saja yang dibutuhkan agar supaya bisa ter-manage serta terorganisir dengan baik.

Namun terlepas dari semua itu, apakah Anda ingin mengelola tempat kost atau kontrakan jika tempatnya di Jakarta dijamin memiliki prospek yang sangat bagus. Terlebih lagi tempat kost Jakarta. (*)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama