Mana Lebih Kuat? Thor atau Superman Superman vs Thor, Mana Lebih Kuat? (Foto: dailysuperheroes.com)

ISU ini mungkin sudah sering dibahas baik oleh penggemar film produksi Marvel Studio maupun DC Comics. Mana yang lebih kuat dari superhero yang terdapat pada dua kubu tersebut. Dua karakter yang sering dibandingkan sekaligus paling kuat dari masing-masing kubu yakni Thor dan Superman.

Keduanya bukan berasal dari bumi, mampu memanfaatkan kekuatan dari dalam untuk mengalahkan penjahat bahkan yang lebih kuat dari mereka, sama-sama bisa terbang, tak lupa mereka berdua mengenakan jubah merah panjang.

Baca juga:

5 Superhero Terkuat dari DC Extended Universe

Pendapatmu tentang siapa yang paling kuat di antara keduanya mungkin tergantung pada ketertarikanmu terhadap penerbit, entah itu Marvel atau DC. Namun, terdapat beberapa faktor yang perlu diperhatikan jika mencari tahu manakah yang lebih kuat antara dua karakter fiksi komik ini, God of Thunder vs Man of Steel.

Bisakah Thor Menandingi Kekuatan Superman?

Mana Lebih Kuat? Thor atau Superman
Superman memang kuat, Tapi.. (Foto: DC Comics)

Jika membahas kekuatan, banyak yang setuju Superman menang dalam faktor ini. Dalam DC universe kekuatannya tidak tertandingi. Melansir laman canon, Superman bisa mengangkat beban hingga 2 miliar ton.

Namun kekuatan Thor tidak bisa dianggap remeh, The God of Thunder pernah mengangkat World Serpent yang seberat bumi, bertarung dengan Hulk di beberapa kesempatan, bahkan menghancurkan seluruh planet dalam pertempuran.

Thor juga memiliki kemampuan untuk mencapai Warrior's Madness, sebuah kondisi di mana kekuatannya meningkat sepuluh kali lipat. Jika kekuatan murni adalah satu-satunya kriteria persaingan antara dua karakter di atas, hal ini mungkin akan menjadi kontes yang sangat ketat.

Kelemahan Thor dan Superman?

Mana Lebih Kuat? Thor atau Superman
Thor tidak punya kelemahan (Foto: Marvel Comics)

Dalam komik, banyak penggemar tahu bahwa Superman lemah akan Kryptonite. Di sisi lain Thor memiliki Mjolnir dan kekuatan magis, tidak banyak yang tahu hal tersebut juga jadi kelemahan Superman. Thor juga punya kemampuan untuk mengontrol petir yang akan merepotkan Superman jika mereka bertarung.

Baca juga:

Makin Tua Makin Jadi, 4 Superhero Ini Semakin Kuat Seiring Bertambah Usia

Tidak seperti Superman, Thor tidak memiliki kelemahan yang diketahui. Dia tidak lemah terhadap dingin atau panas, sehingga nafas beku dan laser dari Man of Steel tidak selalu memberinya keunggulan. Setelah bertarung melawan Frost Giants dan Celestials, Thor akan memiliki pengalaman dengan suhu yang sangat ekstrem dan tidak akan kesulitan menahan mereka.

Thor Kalah Cepat dengan Superman

Mana Lebih Kuat? Thor atau Superman
Kecepatan Superman bukan tandingan Thor (Foto: DC Comics)

Kecepatan adalah satu keunggula nyata Superman atas Thor. Superman dapat terbang mengelilingi bumi dan tiba kembali dalam satu kedipan saja. Satu-satunya pahlawan dari alam semesta mana pun yang lebih cepat daripada Superman adalah Flash. Tetapi sementara Superman memiliki kecepatan super, sepertinya ia tidak akan dapat dengan mudah menangkap Thor.

Bahkan dengan kecepatan Superman, didokumentasikan dalam komik bahwa Thor mampu melempar Mjolnir dengan kecepatan cahaya, dan kemampuan magisnya berarti ia juga dapat memutarnya dua kali kecepatan cahaya.

Fakta bahwa Thor pernah melindungi banyak alam semesta dari ancaman yang sangat kuat selama berabad-abad tidak bisa dianggap remeh. Pengalamannya dalam pertempuran akan menguntungkannya jika dia dihadapkan dengan pertempuran melawan Superman.

Dari semua pertimbangan di atas kita bisa melihat siapa yang nampaknya akan keluar sebagai pemenang. Realistis saja, Thor sang dewa petir memiliki keunggulan di atas Superman. Jangan berkecil hati ya fans DC Comics. (ADP)

Baca juga:

Pahlawan Lokal Tak Kalah Hebat dengan Superhero Luar Negeri



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH