Wisata Indonesia
Mampir ke Toko Oleh-oleh Legendaris Kota Bandung, Bawa Pulang Kelezatannya Oleh-oleh kuliner Kota Bandung yang sama sekali tak boleh dilupakan. (Unsplash/Fikri Rasyid)

BUAT kamu yang berkunjung ke Kota Bandung, jangan lupa bawa buah tangan bila kembali ke rumah. Kota Bandung menyediakan ratusan kedai oleh-oleh yang tersebar di berbagai sudut kota. Bahkan ada beberapa toko itu sudah menyadang status legenda.

Di antara banyaknya oleh-oleh khas Bandung, ada top tiga toko makanan khas Kota Bandung ini jangan sampai kamu lewatkan! Tiga toko ini menjadi magnet raksasa bagi para pelancong ke Kota Bandung.

Baca Juga:

Mih Kocok Mang Dadeng, Legenda Kuliner di Kota Bandung

makan
Picnic roll yang berisikan daging sapi, menggugah selera. (KSMTour.com)

Pisang bollen Kartika Sari

Hal yang langsung terlintas di benak semua orang saat berbicara tentang Kartika Sari pasti pisang bollennya yang super nikmat. Pisang bollen buatan Kartika Sari dan Kota Bandung adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Selain pisang bollen, Kartika Sari yang terdapat di Jalan H. Akbar No.4, Pasir Kaliki Kecamatan Cicendo Kota Bandung ini juga menyediakan aneka kue khas Bandung lainnya. Seperti sale pisang, bagelen, brownies hingga camilan renyah seperti keripik basreng dan masih banyak lagi.

Soal rasa sudah tak perlu dipertanyakan, Kartika Sari selalu menghadirkan produk dengan rasa yang enak, kualitas yang baik serta harga yang cukup terjangkau yakni mulai dari harga Rp33 ribu.

Bakery & Pastry Prima Rasa

Bakery & Pastry Prima Rasa toko ini terkenal dengan Picnic Roll yang khas makanan barat. Yaitu berupa daging cincang yang diberi bumbu, lalu digulung dengan kulit pastry dan telur rebus kemudian dipanggang. Kelezatan itu dapat dirasakan dari picnic roll buatan Prima Rasa.

Apalagi Prima Rasa tidak membuka cabang di luar kota Bandung, membuat picnic roll-nya pantas dipilih sebagai oleh-oleh khas Bandung. Selain rasa daging sapi, di toko ini juga membuat picnic roll dengan daging ayam.

Menariknya, semua pembuatan picnic roll, pastry, dan kue-kue lainnya dibuat pada dapur yang terpusat di Jalan Kemuning. Setelah itu, didistribusikan ke toko cabang Prima Rasa lainnya, jadi jika ingin datang ke Prima Rasa langsung saja ke Prima Rasa Pusat yang ada di Jalan Kemuning.

Harga oleh-oleh yang dijual di toko ini pun sangat terjangkau mulai dari Rp38 ribu. Selain itu, Prima Rasa terkenal dengan kue brownies, puding dan mousse cake-nya.

Baca Juga:

Mie Atep yang Jadi Ikon Kuliner Belitung

makanan
Kue brownies yang menjadi salah satu buah tangan dari Kota Bandung. (Pixabay/791101)

Brownies Amanda

Brownies Amanda di Jalan Rancabolang No.29, Manjahlega, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung, menjadi ciri khas kota kembang ini. Kehadiran Amanda pada awal tahun 2000-an menjadi perbincangan banyak orang karena menghadirkan kue brownies yang teknik memasaknya dikukus.

Brownies kukus Amanda yang dijual mulai dengan harga mulai Rp32 ribu ini mengumbar kelezatannya dan saling bersaing dengan yang dipanggang. Keduanya menyajikan pengalaman kuliner yang berbeda, namun tetap dalam bungkusan kelezatan. Kepopuleran Brownies Amanda ditambah lagi dengan harga jualnya yang terjangkau.

Dari hanya outlet kecil di Rancabolang, Brownies Amanda terus melebarkan usahanya dengan membuka beberapa outlet lain di Bandung. Brownies kukus Amanda bisa ditemukan di berbagai kota di Indonesia, menyebar ke pelbagai kota-kota di Jawa barat, hingga menyebrang ke Kalimantan dan Sulawesi.

Rasa kuenya pun makin beragam. Tidak hanya cokelat, tapi ada juga cheese cream, green tea, blueberry, tiramisu, hingga srikaya. (Mauritz/Jawa Barat)

Baca Juga:

Selain Belalang, Serangga ini Jadi Pangan Tradisional di Indonesia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Roti Kaya Bukan Terbuat dari Buah Srikaya
Kuliner
Roti Kaya Bukan Terbuat dari Buah Srikaya

Roti kaya juga bisa kamu buat di rumah.

Merindukan Tradisi Pembagian Bubur Samin di Jayengan
Kuliner
Reuneuh Mundingeun yang Kian Terlupakan
Tradisi
Reuneuh Mundingeun yang Kian Terlupakan

Tradisi reuneuh mundingeun merupakan tradisi yang berhubungan dengan bumil.

Berkuah Rempah, Lezatnya Kuliner Pindang Gunung Pangandaran
Kuliner
Berkuah Rempah, Lezatnya Kuliner Pindang Gunung Pangandaran

Festival ini menggaungkan kuliner khas Pangandaran, Pindang Gunung

Unjuk Gigi Pasar-Pasar Hewan Ternak Terbesar di Indonesia
Travel
Unjuk Gigi Pasar-Pasar Hewan Ternak Terbesar di Indonesia

Pasar-pasar hewan ternak di Indonesia. Salah satunya terbesar di dunia

Apa Saja Perbedaan Gundala Versi Klasik Versus Film Joko Anwar?
Indonesiaku
Sambut Ramadan dengan Menu Khas Muslim Peranakan
Kuliner
Sambut Ramadan dengan Menu Khas Muslim Peranakan

Hotel Episode Gading Serpong tawarkan menu Ramadan khas Chinese food dengan promo menarik.

Berwisata Alam di Sekitar Jakarta
Travel
Berwisata Alam di Sekitar Jakarta

Simak yuk 8 tempat rekomendasi yang telah MerahPutih rangkum!

Tiga Standar Baru dalam Tren Wisata 2022
Travel
Tiga Standar Baru dalam Tren Wisata 2022

Perubahan sedang terjadi dalam dunia wisata.

Peneliti Asing: Saung Angklung Udjo Harus Didukung
Tradisi
Peneliti Asing: Saung Angklung Udjo Harus Didukung

Angklung adalah alat musik yang bisa meng-cover semua nada musik dengan nada Sunda yang luar biasa indah.