Maluku Utara Pertama Kalinya Ekspor Tuna ke Amerika Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)

MerahPutih.com - Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Provinsi Maluku Utara mencatat sebanyak 19 ton untuk jenis tuna saku dan tuna kube akan diekspor ke Amerika Serikat .

"Potensi ikan tuna di perairan laut Maluku Utara cukup besar, namun diperlukan infrastruktur lebih memadai agar tangkapan nelayan daerah ini meningkat," kata Kepala DKP Provinsi Malut Buyung Radjiloen di Ternate, Jumat (11/8).

Dia menjelaskan, pada bulan Agustus tahun 2017 ini, ekspor ikan tuna hasil produksi Maluku Utara akan tembus pasar Amerika Serikat.

Selain itu, untuk dokumen rencana ekspor ikan tersebut sudah dilakukan melalui Bea Cukai Ternate, meski pintu keluarnya tidak dari Maluku Utara karena masih ada beberapa kendala.

"Jadi ekspor perikanan Maluku Utara ini dilakukan secara mandiri, dengan harapan ekpor ikan tuna ini dapat mendorong Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan memberikan kontribusi ke daerah melalui kerja sama dari berbagai instansi ini," ujar Buyung.

Sementara itu, Kasubsi Pengawasan Pengendalian dan Informasi Kantor Karentina Ikan Ternate Mardia Ambodalle ketika dikonfirmasi mengakui, ekspor ikan ke Amerika Serikat itu adalah yang pertama kalinya.

"Awalnya rencana ekspor ini juga dilakukan langsung dari Sanana Kepulauan Sula, namun rencana ekspor 17 ton ikan itu batal karena masalah transportasi," katanya. (*)

Sumber: ANTARA


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

YOU MAY ALSO LIKE