Malaysia v Indonesia: Tanpa Nahkoda, Garuda Usung Misi Kebangkitan di Bukit Jalil Timnas Indonesia. Foto: PSSI

MerahPutih.com - Situasi yang tidak nyaman didapatkan timnas Indonesia saat bersua Malaysia di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur pada laga lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022, Selasa (19/11) malam WIB.

Skuat Garuda datang ke kandang seteru abadinya tersebut tanpa nahkoda. Pasalnya, Simon Mcmeneny kemungkinan besar tidak akan mendampingi Evan Dimas dan kawan-kawan karena sudah dipastikan dipecat pasca laga hari ini.

Baca Juga

Ketum PSSI Buka Opsi Fakhri Husaini Jadi Asisten Pelatih di Piala Asia U-19 2020 dan Piala Dunia U-20

PSSI pun menunjuk Yeyen Tumena sebagai caretaker. Tugas berat langsung dihadapi mantan pemain timnas Indonesia itu. Kemenangan menjadi target pasukan Merah Putih di Bukit Jalil demi meningkatkan kepercayaan diri pemain.

Yeyen
Careteker Indonesia, Yeyen Tumena. Foto: PSSI

Tidak mau dipermalukan lagi, Yeyen mengaku sudah melakukan perubahan dan menyatakan bahwa anak asuh sudah siap tempur melawan tuan rumah. Ia menyebut timnya sudah melupakan raihan buruk yang didapatkan pada laga-laga seblumnya.

"Kami melakukan banyak perbaikan agar tim bisa bangkit dari empat laga dengan hasil kurang maksimal. Laga ini menjadi momentum agar kami meraih kemenangan," kata Yeyen di laman resmi PSSI, hari ini.

Yeyan sadar bahwa meraih kemenangan di markas Harimau Malaya merupakan hal yang tidak mudah. Apalagi, Malaysia tengah berada di atas angin usai mengalahkan Thailand 2-1.

Pelatih berusia 43 tahun itu mengakui lawannya bermain sangat efektif dalam dua pertandingan. Namun, dirinya optimis Yanto Basna dan kawan-kawan dapat meredam kekuatan Malaysia.

"Dari hasil yang kita lihat di pertandingan yang di Jakarta dan pertandingan kemarin Malaysia melawan Thailand, Malaysia bermain dengan sangat simpel, bermain dengan sangat baik. Di dua pertandingan bahkan kalau kita lihat bermain secara tim. Buat kami siapapun pemain yang akan datang ke pertahanan kami itu adalah pemain yang berbahaya," sambungnya.

Baca Juga

Respons Galak Indra Sjafri soal Timnas Indonesia U-23 Tak Diperhitungkan di SEA Games 2019

"Jadi kita tidak mengkhususkan harus menjaga siapa dan segala macam, tapi buat kami siapapun pemain dari Malaysia adalah pemain terbaik yang dimiliki oleh Malaysia," tegasnya.

Indonesia v Malaysia
Indonesia v Malaysia. Foto: PSSI

Timnas Indonesia diharapkan dapat meraih hasil maksimal saat melawan Malaysia. Pada laga leg pertama Indonesia kalah 2-3 di Stadion Gelora Bung Karno, 5 September lalu. Selain itu, Indonesia juga harus mengakui keunggulan Thailand (0-3), Uni Emirat Arab (0-5), dan Vietnam (1-3).

Prakiraan Susunan Pemain

Malaysia: Farizal Marlias; Aidil Zafuan, Shahrul Saad, Adam Nor Azlin, La'Vere Corbin-Ong; Brendan Gan, Nor Azam; Safawi Rasid, Syafiq Ahmad, Mohamadou Sumareh; Norshahrul Idlan

Indonesia: Andritany Ardhiyasa; I Putu Gede, Yanto Basna, Otavio Dutra, Ricky Fajrin (b); Bayu Pradana, Hendro Siswanto; Febri Hariyadi, Septian David Maulana, Rizky Pora; Greg Nwokolo


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH