Malaysia Open 2023: Ginting Tersingkir di Perempat Final, Tunggal Putra Habis

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 13 Januari 2023
Malaysia Open 2023: Ginting Tersingkir di Perempat Final, Tunggal Putra Habis
Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (10/1). ANTARA/HO-PBSI

MerahPutih.com - Anthony Sinisuka Ginting kalah dari Kanta Tsuneyama pada babak perempat final Malaysia Open 2023 di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (13/1).

Unggulan keenam sudah berjuang maksimal, meski harus mengakui keunggulan pebulu tangkis Jepang itu dengan dua gim langsung 21-14, 21-16.

Baca Juga

Shesar Hiren Rhustavito Angkat Koper Lebih Cepat dari Malaysia Open 2023

Gim pertama berjalan alot bagi Ginting, dimana ia tak bisa mengembangkan pola permainan terbaik untuk mengatasi tekanan lawan.

Unsur pertahanan yang rapat menjadi keunggulan Tsuneyama untuk menghalau setiap pukulan dari Ginting. Sebenarnya Ginting memahami situasi yang sulit untuk menyerang, sehingga ia lebih bermain dengan tempo lambat.

Meski sudah beradu reli, umpan silang, hingga smes namun pertahanan Tsuneyama masih terlalu kuat. Pertahanan lawan ditampilkan melalui kemampuannya menghalau setiap kok yang datang.

Ginting yang semakin tertinggal menjadi kehilangan kendali permainan dan kerap membuat fault. Gim pertama pun usai dalam 21 menit dengan dimenangi Tsuneyama 14-21.

Baca Juga

Malaysia Open 2023: Langkah Jonatan Christie Dijegal Kenta Nishimoto

Pada gim kedua, Ginting juga kesulitan saat mengawali permainannya meski sudah berganti posisi lapangan. Sempat tertinggal hingga 2-6 dari Tsuneyama, Ginting mulai mengejar perolehan skor sampai jeda interval.

Lepas jeda interval, Ginting mampu membalik keadaan dengan memimpin 11-9 hingga 13-10. Namun Ginting kurang konsisten dan terburu-buru dalam mematikan gerakan lawan.

Akibatnya banyak pengembalian dari Ginting yang justru eror sehingga memupuk perolehan poin Tsuneyama. Berkat serangkaian kesalahan tersebut, Tsuneyama menambah sembilan poin secara beruntun menjadi 13-19.

Dengan selisih skor yang terlampau jauh, Ginting kesulitan untuk mengejar Tsuneyama hingga akhirnya menyerah dengan skor 16-21 setelah memainkan pertandingan selama 50 menit.

Tersingkrnya Ginting membuat Indonesia tidak menempatkan satu wakil pun di nomor tunggal putra semifinal Malaysia Open 2023. (*)

Baca Juga

Tumbangkan Unggulan Ketiga, Apriyani/Fadia ke Semifinal Malaysia Open 2023

#Anthony Sinisuka Ginting #Malaysia Open Super Series Premier
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan