Malaysia Layangkan Protes kepada Turki

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 09 Agustus 2017
Malaysia Layangkan Protes kepada Turki
Polisi Turki saat membawa seorang tentara dalam tuduhan percobaan pembunuhan Presiden, di Mugla, Turki, Jumat (14/7). (ANTARA FOTO/REUTERS/Kenan Gurbuz)

MerahPutih.com - Malaysia melayangkan protes kepada Turki karena mendeportasi sejumlah tersangka militan ke Kuala Lumpur tanpa pemberitahuan, Selasa (8/8). Keluhan tersebut juga karena saat ini polisi tengah persiapan SEA Games.

Saat ini polisi sedang meningkatkan pemeriksaan menjelang Pesta Olahraga Asia Tenggara (SEA Games) yang akan dimulai di Kuala Lumpur pada bulan ini.

Para tersangka militan yang merupakan orang asing dideportasi dari Turki setelah tertangkap mencoba memasuki Suriah untuk bergabung dengan ISIS.

"Turki seharusnya mengikuti protokol internasional, pertama dengan mendeportasi mereka ke pelabuhan embarkasi terakhir dan kedua dengan menginformasikan negara tempat orang-orang yang dideportasi akan dikirim," ujar pejabat keamanan Malaysia.

Sumber tersebut tidak ingin dibuka identitasnya mengingat diskusi pihak Malaysia dan Turki bersifat tertutup.

Hingga kini belum jelas berapa banyak tersangka dan kapan akan memasuki Malaysia. Namun, Wakil Perdana Menteri Malaysia Ahmad Zahid Hamidi mengatakan pekan lalu bahwa mereka sedang mencari setidaknya 16 militan yang dideportasi dari Turki.

Kedutaan Turki di Kuala Lumpur tidak menanggapi permintaan untuk berkomentar. (*)

Sumber: ANTARA

#Turki #Malaysia
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan