Malaysia Benarkan Ada Warga AS Positif Corona di Wilayahnya

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Minggu, 16 Februari 2020
Malaysia Benarkan Ada Warga AS Positif Corona di Wilayahnya
Wabah Virus Corona (Foto: Antara/Pixabay)

Merahputih.com - Kementerian Kesehatan Malaysia (KKM) menyatakan seorang wisatawan warga negara Amerika Serikat (AS) positif terjangkit virus Covid-19. Sehingga hal itu menjadikan jumlah keseluruhan terjangkit virus Corona mencapai 22 orang.

Wanita berusia 82 tahun tersebut adalah salah seorang penumpang kapal pesiar yang berlabuh di Kamboja pada 13 Februari 2020.

Baca Juga:

Singapura Informasikan 58 Positif Virus Corona

"Sebanyak 145 penumpang kapal pesiar tersebut mengambil penerbangan ke Malaysia pada 14 Februari," ujar Dirjen Kesehatan Malaysia Dr Noor Hisham Abdullah dalam siaran pers, Minggu (16/2).

"Yang bersangkutan dan suaminya terdeteksi menunjukkan simptom saat tiba di KLIA dan dirujuk ke Hospital Sungai Buloh untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut," katanya.

Uji deteksi Covid-19 dijalankan oleh Institut Penelitian Pengobatan Malaysia (IMR) dan dinyatakan positif pada 15 Februari 2020.

Evakuasi warga negara AS dan Kanada akibat virus Corona di Bandara Internasional Wuhan Tianhe, Jumat (7/2/2020). ANTARA FOTO/Edward Wang/via REUTERS/wsj.

Untuk saat ini uji deteksi Covid-19 terhadap suami wanita tersebut adalah negatif.

Sebelumnya media internasional melaporkan kapal pesiar WS Westerdam diperbolehkan berlabuh di perairan Kamboja setelah ditolak oleh empat negara yang khawatir dengan penularan wabah Covid-19.

Kapal yang membawa 2.200 penumpang termasuk 802 anak buah kapal tersebut tidak diterima untuk berlabuh di Jepang, Taiwan, Filipina dan Thailand.

Baca Juga:

Apple Akan Buka Kembali 5 Store di Beijing? Enggak Takut Virus Corona?

Semua penumpang dan awak kapal harus menjalani pemeriksaan bagi memastikan mereka bebas virus tersebut.

Sebelumnya, sebagaimana dikutip Antara, dua kasus baru Covid-19 melibatkan warga China sehingga menjadikan jumlah keseluruhan terjangkit virus di Malaysia mecapai 22 kasus termasuk enam rakyat setempat. (*)

#Virus Corona #Pasien Corona #Penyakit Corona
Bagikan
Bagikan